Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemilik Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Depresi pada Burung

Kompas.com - 23/03/2021, 11:23 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Bulu dan kicauannya yang indah membuat burung banyak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Sayangnya, burung yang tak dirawat dengan baik, atau salah dalam penanganan bisa depresi.

Depresi yang berkepanjangan dapat menyebabkan perilaku yang merusak diri sendiri, menurunkan respons kekebalan, dan berbagai masalah lainnya.

Sebagai pemilik, tak semua orang memahami ciri-ciri depresi pada burung. Hal ini membuat kebanyakan depresi pada burung terlambat ditangani.

Baca juga: 8 Burung Peliharaan Terbaik untuk Kamu yang Sibuk

Akibatnya, burung sudah sulit diobati dan yang terburuk, berujung pada kematian.

Untuk kamu pemilik burung, berikut adalah tanda tanda depresi pada burung yang harus kamu tahu, seperti dilansir The Spruce Pets, Selasa (23/3/2021).

1. Kehilangan nafsu makan

Meskipun ini bisa menjadi gejala dari beberapa jenis masalah pada burung peliharaan, salah satu indikator depresi yang terbesar adalah kehilangan nafsu makan.

Karena burung memiliki metabolisme yang cepat, penting untuk belajar mengenalinya dengan sangat cepat jika burung mogok makan.

Baca juga: 3 Jenis Burung Peliharaan yang Baik untuk Anak-anak

Penurunan berat badan bisa dengan cepat dialami oleh burung dan sangat berbahaya bagi mereka, jadi jika kamu memperhatikan bahwa asupan makanan burung yang tak habis dilahap selama dua hari berturut-turut, sebaiknya kamu buat janji dengan dokter hewan unggas untuk menyelidiki masalah tersebut.

2. Perubahan kepribadian

Salah satu tanda terbesar dan paling mudah dikenali bahwa burung depresi adalah perubahan kepribadian yang tiba-tiba. Seringkali, terutama pada burung beo, ini memanifestasikan dirinya sebagai agresi.

Meskipun agresi bisa bersifat musiman dan terkait dengan masalah hormonal, perilaku yang terus-menerus di luar karakter burung biasanya, mungkin merupakan tanda bahwa burung tidak bahagia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com