Kompas.com - 23/03/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi gigi kucing. PIXABAY/BIRGLIlustrasi gigi kucing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah kamu bahwa hampir 85 persen kucing berusia 3 tahun ke atas memiliki beberapa jenis penyakit gigi?

Sama seperti manusia, kucing juga dapat menderita karang gigi, penumpukan plak, penyakit gusi, bau mulut, dan abses.

Dan sama juga seperti manusia, jika tidak ditangani, ini dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti infeksi dan gigi tanggal.

Baca juga: Cara Melatih Kucing agar Berhenti Tandai Wilayah dengan Urin

Selain itu, bakteri hasil penumpukan plak juga dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru, hati, ginjal, dan jantung.

Masalahnya, tidak seperti manusia, kucing tidak dapat memberi tahu pemiliknya saat mereka sakit gigi atau jika giginya menyebabkan ketidaknyamanan.

Lebih buruk lagi, kucing adalah ahli hebat dalam menyembunyikan rasa sakit (sesuatu yang dapat ditelusuri kembali ke mereka yang tidak tampak rentan saat menghadapi predator).

Daripada berharap masalah apa pun pada gigi atau gusi kucingmu akan terlihat jelas, lebih baik mengambil tindakan pencegahan, jika tidak, kamu mungkin perlu membawanya ke dokter gigi.

Baca juga: 8 Ras Kucing yang Bisa Hidup Akur dengan Anjing

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (23/3/2021), berikut ini cara dalam merawat gigi kucingmu agar tetap terlihat dan terasa sehat.

1. Mulailah rutinitas perawatan gigi setiap hari

Sebaiknya biasakan kucingmu untuk membersihkan giginya, dan semakin muda usianya semakin mudah.

Mulailah dengan mengoleskan pasta gigi (dibuat khusus untuk kucing dengan rasa yang disukai kucing) ke jarimu dan mengoleskannya ke gigi dan gusinya.

Setelah kucingmu terbiasa dengan proses ini, kamu dapat mencoba menggunakan sikat gigi khusus kucing, yang lebih kecil dari sikat gigi manusia dan memiliki bulu yang lebih lembut.

Memang, sikat gigi dan pasta gigi tidak akan berfungsi seperti catnip, tetapi menyikat gigi kucing setiap hari adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit gigi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X