Kompas.com - 13/03/2021, 15:25 WIB
Ilustrasi kasur. SHUTTERSTOCK/New AfricaIlustrasi kasur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Kutu busuk di kasur menjadi salah satu hama yang sangat mengganggu. Solusi paling mudah adalah memanggil pengendali hama profesional untuk mengatasinya.

Namun, jika kamu ingin menghemat sebenarnya kamu bisa membasmi kutu busuk dengan pengobatan rumahan.

Dilansir dari Reader’s Digest, Sabtu (13/3/2021),Marie Kondo, pakar pengorganisasian rumah sekaligus pencipta metode KonMari mengatakan, kutu busuk sangat menyukai tempat yang berantakan dengan barang-barang yang berserakan. Untuk itu, kamu harus erapika rumah, agar kutu tidak betah dan bersarang di tempat tidurmu.

Baca juga: Waspada Kutu Busuk di Kasur, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Jika kutu busuk sudah terlanjur ada, beberapa metode rumahan bisa kamu coba, diantaranya:

1. Tanah diatom

Diatomaceous earth (DE) adalah debu tidak beracun yang dapat membunuh kutu busuk. Debu ini akan menempel di luar tubuh mereka, menyerap minyak alami dan kelembaban dan secara fatal mengeringkan serangga.

Ini bukan pembunuh instan. DE membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk mengeringkan serangga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tanah diatom bekerja paling baik di area di mana debu insektisida tidak bisa, seperti karpet, retakan, celah, dan rangka tempat tidur.

Baca juga: Simak, Tips Mengusir Kutu Busuk dari Sofa

Namun, jangan menyebarkan tanah diatom ke sekitar rumah, karena ini justru tak berfungsi. Sebarkan tanah diatom pada daerah dimana kutu busuk hidup. Pastikan juga tanah diatom yang kamu sebar aman dan food grade, sehingga tidak berbahaya bagi keluarga dan hewan peliharaan.

2. Gunakan pengering berpemanas

Untuk tempat tidur, tas, pakaian, dan barang lain yang mungkin mengandung kutu atau telur kutu, kamu dapat memasukkannya ke pengering pakaian. Gunakan pengaturan terpanas selama 30 menit.

3. Gunakan uap

Kamu bisa menggunakan uap untuk membunuh kutu busuk. Uap panas yang digunakan haruslah sangat panas dan diletakkan cukup lama di satu sisi permukaan, agar smua kutu busuk bisa benar-benar mati.

Kamu bisa menggunakan uap dari setrika uap yang panas untuk membantumu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X