Kompas.com - 13/03/2021, 13:13 WIB
Ilustrasi kucing British Shorthair. PIXABAY/USCHI2807Ilustrasi kucing British Shorthair.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat familiar bagi manusia, sehingga ada begitu banyak orang memelihara beragam jenis kucing di rumahnya masing-masing.

Kehadiran kucing di rumah seseorang kerap dijadikan sebagai 'sahabat' maupun penghuni lain, yang pada akhirnya membuat pemilik rumah tidak merasa kesepian.

Akan tetapi, dalam kegiatan memelihara kucing, tidak sedikit orang ada yang lebih memilih untuk cukup merawat satu ekor saja, karena ada yang tidak mau repot-repot mengurusnya.

Baca juga: Kenapa Kucing Mencret? Penyebab dan Cara Menanganinya

Oleh karena itu timbul pertanyaan, "apakah kucing merasa kesepian ketika pemiliknya hanya merawat 1 ekor kucing saja di rumahnya?".

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (13/3/2021), pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apakah seekor kucing bisa merasa kesepian atau tidak, terlebih ketika mereka menjadi hewan peliharaan tunggal di rumah pemiliknya.

Pada pembahasan ini, perlu kamu ketahui kalau kucing mendambakan interaksi sosial dan persahabatan, terlepas dari klise tentang mereka yang senang menyendiri atau penyendiri.

“Jika kucing tidak memiliki kemungkinan untuk berbagi ruang, kedekatan, dan waktu dengan teman pilihan mereka, mereka akan kesepian,” jelas dr Carlo Siracusa, direktur Layanan Perilaku Hewan di Rumah Sakit Ryan Penn Vet.

Baca juga: Kenapa Kucing Menatap Kita? Ternyata Ini Alasannya

Ada kesalahpahaman bahwa kucing adalah hewan yang tidak berteman dengan kucing lain.

Jadi, jika kamu bertanya apakah kucing kesepian dan apakah kucing membutuhkan kucing lain untuk ditemani? Itu tergantung pada beberapa faktor berbeda, seperti kepribadian dan usia.

Harimau hidup sebagai pemburu soliter di hutan. Singa hidup dengan bangga di padang rumput. Tapi bagaimana dengan kucing domestik kita?

Apakah mereka penyendiri seperti harimau atau pergaulan seperti singa? Jawabannya ya dan ya, dan tidak dan tidak, tergantung pada kucing dan situasinya, kata para ahli.

Dikutip dari Catster, beberapa profesional mencoba menjawab pertanyaan kuno, yakni "Apakah kucing sedih dan kesepian? Dan apakah kucing membutuhkan kucing lain?"

Halaman:


Sumber Catster
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X