Kompas.com - 13/03/2021, 14:31 WIB
Ilustrasi anjing sedang sakit. PEXELS/TIMA MIROSHNICHENKOIlustrasi anjing sedang sakit.

JAKARTA, KOMPAS.com — Memiliki hewan peliharaan artinya kita harus berkomitmen untuk merawatnya, termasuk saat sedang sakit.

Sebagai pemilik, kamu juga harus mengetahui tentang bagaimana memberikan pertolongan pertama pada anjing saat sedang dalam kondisi darurat. Kamu juga harus memiliki nomor dokter hewan yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.

Berikut adalah tips memberikan pertolongan pertama pada anjing menurut ahli bedah hewan, dokter Khaja Mohteshamuddin, seperti dilansir dari Times of India, Sabtu (13/3/2021). 

Baca juga: Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan Saat Memandikan Anjing

Bisakah memberikan pertolongan pertama?

Pertolongan pertama adalah prosedur darurat untuk menyelamatkan nyawa hewan peliharaan, jadi jika kamu melihat cedera atau trauma pada anjing, kamu dapat memberikan pertolongan.

Kamu bisa meminta pelatihan pertolongan pertama dasar dari dokter hewan, yang akan sangat berguna pada saat-saat darurat.

Namun saat melakukannya, kamu harus memberkali diri dengan peralatan penahan, karena hewan peliharaan mungkin menggigit karena rasa sakit yang dialaminya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hubungi dokter hewan dan jelaskan sifat cedera atau penyakitnya dan mintalah nasihat tentang pertolongan pertama. Segera hubungi dokter hewan secepat mungkin, tetapi jangan panik.

Baca juga: Alasan Mengapa Hidung Anjing Selalu Basah

1. Menolong anjing keracunan

Ini adalah kondisi darurat yang paling sering ditemui pada anjing. Seringkali, hewan peliharaan mungkin ditinggalkan tanpa pengawasan, di rumah atau di pekarangan, mereka mungkin tidak sengaja mengonsumsi zat berbahaya dan beracun: racun tikus, pembersih toilet, pupuk, baterai, obat-obatan berbahaya.

Sebagai tindakan pertama, baca label produk zat beracun yang dikonsumsi, yang memberikan detail penawarnya.

Kamu bisa segera membawa ke dokter setelah melakukan pertolongan pertama. Beritahu dokter tentang kondisi anjing secara detil.

Jika hewan peliharaan memuntahkan zat tersebut, itu pertanda baik. Dokter hewan akan melakukan yang diperlukan.

Bila bahan berbahaya mengenai mata atau kulit anjing, cucilah dengan air bersih dan biasa. Segera bawa hewan peliharaan ke dokter.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X