Kompas.com - 23/01/2021, 08:08 WIB
Ilustrasi sofa di ruangan. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi sofa di ruangan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hama tidak hanya menyerang tanaman, namun ada serangga berukuran kecil yang dapat menyerang furnitur di dalam rumah, yaitu kutu busuk. Kutu busuk biasanya selalu bersembunyi di tempat tidur dan berimigrasi dengan mudah ke dalam koper, dompet, dan pakaian.

Bahkan, sofa atau kursi berlapis kain pun bisa disinggahi serangga ini.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (23/1/2021), jika Anda merasakan gatal di kulit setelah duduk di sofa, kemungkinan sofa telah disinggahi kutu busuk. Kutu busuk sulit dilihat karena kutu busuk dewasa hanya seukuran biji apel dan kutu busuk remaja memiliki ukuran yang lebih kecil.

Baca juga: Waspada Kutu Busuk di Kasur, Ini Hal yang Perlu Diketahui

Jadi, Anda memerlukan beberapa alat seperti senter, sarung tangan karet, pita perekat dua sisi, kartu yang sudah tidak terpakai, dan kaca pembesar untuk melihatnya.

Caranya, bungkus kartu dengan selotip dua sisi, ini akan membantu Anda untuk menjangkau ruang sempit seperti jahitan sofa dan menangkapnya.

Jika Anda memiliki sarung pada furnitur, lepaskan dan periksa apakah ada aktivitas kutu busuk. Jika Anda mencurigai adanya masalah, letakkan sarung dalam kantong plastik tebal untuk mencegah penyebaran serangga ke bagian lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lihatlah setiap jahitan, tepi, dan ritsleting menggunakan kartu kredit lengket dan senter. Kantongi bantal jika Anda melihat aktivitas kutu busuk.

Baca juga: Tips Membersihkan Sofa di Rumah

Kemudian periksa di celah-celah di sepanjang bingkai sofa atau kursi dan balikkan agar Anda bisa memeriksa bagian bawahnya.

Kutu busuk cenderung bersembunyi di bintik-bintik gelap dan hanya keluar untuk makan ketika ada manusia.

Tanda-tanda ada kutu busuk

Jika Anda melihat salah satu dari lima tanda ini, kemungkinan kutu busuk ada di sofa dan perawatan diperlukan untuk menyingkirkan kutu busuk tersebut.

Kutu busuk: Kutu busuk dewasa berbentuk lonjong, pipih, dan berwarna coklat kemerahan. Jika mereka baru saja memakan darah manusia, mereka akan menjadi bulat. Kutu busuk atau nimfa yang baru menetas hampir tembus cahaya dan sangat kecil serta sulit dilihat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.