Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Alami Kebusukan Akar? Begini Cara Mengatasinya

Kompas.com - 31/12/2020, 16:26 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keadaan suhu, serangan hama, serta penyiraman yang salah entah itu berlebih atau kurang dapat menghambat atau mematikan tanaman. Selain itu, ada hal lain yang menyebabkan tanaman mati atau tidak berkembang, yakni pembusukan akar.

Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (31/12/2020) pembusukan akar ditandai oleh kusam, serta menguningnya daun tanaman.

Baca juga: Hati-hati, Ini Penyakit Tanaman Saat Musim Hujan

Lantas, apa penyebab penyakit busuk akar ini?

Penyebabnya adalah air yang terlalu berlebih sehingga akan menyebabkan kondisi akar kekurangan oksigen dan kemudian mati.

Saat mati, akar akan membusuk kemudian akan menyebar ke akar yang lebih sehat dan akhirnya mematikan juga. Hal itu, masih bisa terjadi walaupun kondisi tanah sudah diperbaiki.

Penyebab lainnya adalah jamur yang berada di dalam tanah. Jamur mungkin tidak aktif di tanah untuk waktu berkepanjangan namun bisa tiba-tiba tumbuh subur saat tanaman disiram sekali atau dua kali.

Baca juga: 5 Penyakit Tanaman yang Harus Diwaspadai

Jamur ini akan menyerang akar dan menyebabkan membusuk serta mati. Jika tanaman tiba-tiba daunnya menguning, serta layu harus diperiksa di bagian akarnya. Keadaan akar yang busuk akan tampak hitam dan terasa lembek.

Meskipun akar yang sehat juga berwarna hitam atau pucat namun strukturnya masih kokoh dan lentur.

Pisahkan akar yang busuk

Mengobati akar yang busuk akan dapat memperpanjang hidup tanaman. Caranya, buang akar yang busuk dari tanaman, kemudian cuci akar yang masih sehat atau mungkin sudah berdampak di bawah air yang mengalir.

Saat mengobati akar yang busuk, Anda mungkin harus membuang sebagian sistem akar jika memang tanaman terkena dampak yang parah. Jika keadaannya sepert itu, bersihkan gunting dengan alkohol dan pangkas sepertiga hingga setengah daun pada tanaman.

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Dapat Menyegarkan Udara di Kamar Tidur

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com