Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ukraina dan Menlu AS Ucapkan Selamat kepada Prabowo

Kompas.com - 21/03/2024, 17:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber US Embassy

JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Pemenang Pilpres 2024 RI adalah pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming.

Terkait hal itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memberikan ucapan selamat yang disampaikan secara langsung melalui sambungan telepon.

"Presiden Ukraina mengucapkan selamat kepada Bapak Prabowo atas keberhasilannya dalam pemilihan Presiden Republik Indonesia," tulis Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin di akun Instagramnya pada Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Paus Fransiskus Kembali Serukan Negosiasi untuk Akhiri Perang di Ukraina dan Gaza

Dubes Ukraina juga mengatakan bahwa kedua pemimpin membahas isu-isu mengenai agenda global dan bilateral.

Khususnya mengenai Formula Perdamaian dan inisiatif kemanusiaan lainnya.

Presiden Ukraina menggarisbawahi pentingnya partisipasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perdamaian.

Konferensi perdana itu sebagai salah satu kekuatan global yang berpengaruh dan jadi kontributor bagi perdamaian serta keamanan global.

Ucapan selamat atas kemenangan Prabowo juga disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) Antony Blinken.

"Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya," kata Blinken dalam keterangan tertulis di laman Kedubes AS di Jakarta.

Blinken juga memuji masyarakat Indonesia yang sudah ikut berpartisipasi dan komitmennya terhadap demokrasi dan aturan hukum.

Menurut Blinken, Amerika Serikat dan Indonesia merayakan 75 tahun hubungan diplomatik yang dilandaskan pada demokrasi dan pluralisme.

Ia mengatakan, sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, kedua negara bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara Indonesia dan AS.

"Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober," terang Blinken.

Baca juga: Menlu AS Blinken Ucapkan Selamat Ramadhan, Singgung Gencatan Senjata di Gaza

Diketahui, pada Rabu (20/3/2024) KPU RI telah menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran sebagai pemenang dalam Pilpres 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara. Prabowo-Gibran memperoleh 96.214.691 suara dari 164.227.475 jumlah suara sah atau 58 persen dari total suara sah nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com