Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Perbarui Penangguhan Bea Masuk dan Kuota Ekspor Pertanian Ukraina

Kompas.com - 20/03/2024, 14:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber

BRUSSELS, KOMPAS.com - Parlemen Eropa dan Dewan Uni Eropa mencapai kesepakatan untuk memperbarui penangguhan sementara bea masuk dan kuota ekspor pertanian Ukraina ke negara-negara Uni Eropa sampai Juni 2025.

Perjanjian perdagangan bebas yang kali pertama berlaku pada Juni 2022 ini dirancang untuk membantu perekonomian Ukraina selama invasi Rusia.

Setelah perjanjian diperbarui, peraturan berbeda akan berlaku untuk produk paling sensitif yaitu gula, unggas, telur, gandum, menir, dan madu, yang akan dibatasi sesuai tingkatan mulai 2022 dan 2023.

Baca juga: Rusia Larang Ekspor BBM 6 Bulan

Dikutip dari Kyiv Independent pada Rabu (20/3/2024), tarif akan diberlakukan kembali jika impor produk-produk tersebut melebihi volume pada 2022 dan 2023.

Komisi juga menekankan, Uni Eropa akan mengambil tindakan jika ada lonjakan impor gandum dari Ukraina.

Baca juga:

Impor produk pertanian Ukraina menjadi sumber protes berbagai kelompok petani di negara tetangga Ukraina seperti Romania dan Polandia.

Para petani menyatakan, pengecualian aturan impor produk dari Ukraina menghambat kemampuan mereka untuk tetap kompetitif.

Adapun aturan impor produk Ukraina yang sedang berlaku sekarang akan berakhir pada Juni 2024.

Baca juga: Jajal Rute Baru, Kapal Ekspor Biji-bijian Ukraina Kedua Tiba di Turkiye

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com