Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden China Xi Jinping Ucapkan Selamat kepada Prabowo 

Kompas.com - 21/03/2024, 10:52 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP,Xinhuanet

BEIJING, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping pada Kamis (21/3/2024) mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) Indonesia.

Ucapan selamat dari Xi Jinping itu diterbitkan oleh Kantor berita Pemerintah China, Xinhua. 

Prabowo dan calon wakil presidennya, Gibran Rakabuming Raka, putra sulung dari Presiden Joko Widodo, seperti diketahui telah ditetapkan oleh KPU RI sebagai pemenang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 pada Rabu (20/3/2023) malam.

Baca juga: Kongres Rakyat Nasional China 2024 dan Implikasinya pada Indonesia

China sendiri adalah salah satu sumber investasi asing langsung terbesar di Indonesia.

Pada tahun lalu, Indonesia meresmikan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara, sebuah proyek bernilai miliaran dollar yang didukung oleh Beijing.

Sementara, diberitakan AFP, perusahaan-perusahaan China telah menggelontorkan milyaran dollar untuk sumber daya alam di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, terutama di sektor nikel.

Pengeluaran tersebut telah memicu keresahan atas upah dan kondisi kerja di beberapa pabrik pengolahan nikel yang didanai oleh China, seiring dengan upaya Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam rantai pasokan kendaraan listrik.

Baca juga: Donald Trump Luncurkan Operasi Rahasia CIA untuk Pengaruhi Opini Publik China

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com