Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tersempit di Dunia Ini Dibangun karena Dendam pada Tetangga

Kompas.com - 21/03/2024, 09:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

ROMA, KOMPAS.com - Salah satu rumah di desa Petralia Sottana, Sisilia, Italia selatan ini menjadi rumah tersempit di dunia.

Pasalnya, lebarnya hanya sekitar 3 kaki atau satu meter saja. Tentu rumah ini tak lazim dan terbilang cukup aneh.

Apalagi bangunan dua lantai ini dirancang karena tujuannya sebagai dendam. Sang pemilik membangun untuk menghalangi pandangan jendela tetangga setelah terjadi pertengkaran.

Baca juga: Ini 8 Masjid Tertua di Dunia

Dikutip dari Odditycentral pada Rabu (20/3/2024), rumah tersempit di dunia itu berada di sebuah desa kecil berpenduduk sekitar 2.000 orang di jantung pegunungan Madonie di Provinsi Palermo.

Rumah dua lantai dengan lantai dasar normal dan tingkat atas yang tidak biasa. Dikenal sebagai "Casa du Currivu", atau "Rumah Dendam", terutama karena legenda lokal seputar tujuannya.

Meskipun kisah pasti tentang Casa du Currivu telah dilupakan, diyakini bahwa rumah aneh tersebut dibangun sekitar tahun 1950-an, menyusul perselisihan antara dua tetangga.

Pada masa itu, bukanlah hal yang aneh bagi orang-orang untuk memperluas tempat tinggal mereka secara vertikal, dengan menambahkan satu lantai lagi, hanya saja untuk melakukan hal tersebut, seseorang harus mendapatkan persetujuan dari tetangga sebelah.

Dalam kasus khusus ini, pemilik Casa du Currivu gagal mendapatkan persetujuan dari salah satu tetangganya dan memutuskan untuk membalas dendam.

Meskipun membangun lantai dua di sebelah bangunan yang bersebelahan memerlukan persetujuan tetangga, melakukan hal tersebut pada jarak tertentu dari bangunan yang berdekatan tidak memerlukan izin apa pun.

Jadi pemilik Casa du Currivu yang dicemooh membangun rumah setipis mungkin hanya agar dia dapat menghalangi pandangan tetangganya.

Ia mengetahui sepenuhnya bahwa dia tidak akan pernah bisa menggunakan lantai dua itu sebagai tempat tinggal.

House of Spite sebenarnya kosong di dalamnya. Itu hanya memiliki beberapa jendela dan tangga, tetapi tidak ada apa pun di dalamnya. Itu dibangun karena dendam, hanya untuk merepotkan tetangga.

Baca juga: Ini 9 Jam Dinding Tertua di Dunia, Nomor 1 Dibuat Tahun 1344

Saat ini, Casa du Currivu adalah salah satu bangunan paling terkenal di Sisilia dan salah satu atraksi utama Petralia Sottana.

Menariknya, Keret House di Warsawa Polandia juga mengklaim gelar 'rumah tersempit di dunia'. Lebarnya hanya 92 cm pada titik tersempitnya dan 152 cm pada titik terlebarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com