Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Terkini: Rusia Serang Pelabuhan Izmail dengan 38 Drone Selama 2 Jam

Kompas.com - 26/09/2023, 16:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

IZMAIL, KOMPAS.com - Angkatan Udara (AU) Ukraina pada Selasa (26/9/2023) mengatakan, Rusia menyerang infrastruktur di sekitar pelabuhan Izmail dengan 38 drone dalam semalam.

Drone-drone tersebut merusak lebih dari 30 kendaraan dan melukai dua pengemudi selama dua jam serangan, kata Gubernur Odessa--lokasi Izmail berada--Oleg Kiper di Telegram.

Ukraina menghancurkan 26 drone di antaranya.

Baca juga: Ukraina Klaim Komandan Armada Laut Hitam Rusia Tewas di Crimea

Sejak Juli, setelah Moskwa keluar dari perjanjian jalur aman ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam yang ditengahi PBB, Rusia meningkatkan serangan terhadap infrastruktur pengekspor biji-bijian Ukraina di Odessa dan Mykolaiv.

“Tercatat peluncuran 38 kendaraan udara tak berawak Shahed-136/131 dari arah tenggara,” kata AU Ukraina di Telegram, dikutip dari kantor berita AFP.

Izmail, yang terletak di perbatasan dengan negara anggota NATO yaitu Romania, menjadi jalur ekspor utama produk pertanian Ukraina sejak Rusia keluar dari perjanjian.

Baca juga:

Pelabuhannya kerap menjadi sasaran serangan drone Rusia dalam beberapa minggu terakhir.

Serangan ini terjadi sehari setelah Rusia melancarkan serangan udara besar-besaran di Ukraina selatan, menghantam pelabuhan Odessa dan menghancurkan gudang gandum.

Baca juga: Kim Jong Un Pulang ke Korea Utara, Bawa Pulang Hadiah 5 Drone dari Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com