Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

32 Drone Rusia Serang Ukraina, 25 Dijatuhkan

Kompas.com - 10/09/2023, 17:27 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Rusia menyerang Ukraina dengan 32 drone sejak malam hari menuju Minggu (10/9/2023). Mayoritas serangan ditujukan ke sekitar ibu kota Kyiv.

Namun, pertahanan udara Ukraina menembak jatuh 25 di antaranya tanpa mengungkapkan kondisi tujuh drone lainnya.

Staf umum militer Ukraina mengatakan, "Penjajah menyerang Ukraina dengan 32 drone kamikaze... 25 di antaranya dihancurkan oleh pasukan pertahanan udara Ukraina."

Baca juga: Rusia Hancurkan 3 Drone yang Akan Serang Moskwa

“Penjajah Rusia mengarahkan sebagian besar serangan UAV (kendaraan udara tak berawak) ke wilayah Kyiv,” lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Drone-drone memasuki ibu kota secara berkelompok dan dari berbagai arah,” tulis Sergiy Popko, kepala Administrasi Militer Kota Kyiv, di Telegram.

Puing-puing berjatuhan di beberapa distrik, merusak apartemen di gedung bertingkat, permukaan jalan, dan kabel listrik. Sebanyak satu orang terluka.

Baca juga:

Rusia kerap menargetkan kota-kota Ukraina pada awal invasi tahun lalu, tetapi serangan besar-besaran semakin jarang terjadi seiring persediaan Moskwa yang berkurang dan Ukraina memperkuat pertahanan udaranya.

Bulan lalu, Ukraina menghancurkan lebih dari 20 drone dan rudal serangan yang disebut paling kuat terhadap Kyiv sejak musim semi.

Baca juga: Siasat Rusia Lindungi Jembatan Kerch dari Drone Ukraina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com