Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina: Drone Rusia Jatuh dan Meledak di Romania

Kompas.com - 04/09/2023, 18:28 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Ukraina pada Senin (4/9/2023) mengatakan, pesawat tak berawak atau drone Rusia jatuh dan meledak di wilayah Romania dalam serangan semalam di pelabuhan Izmail, Ukraina.

"Menurut Dinas Penjaga Perbatasan Negara Ukraina, pesawat-pesawat 'Shahed' Rusia (buatan Iran) jatuh dan meledak di wilayah Romania semalam," ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko, di media sosial.

Dia menyampaikan, bahwa insiden tersebut terjadi saat berlangsung serangan besar-besaran oleh Rusia di seputaran pelabuan Izmail, yang terletak di sungai Danube, di seberang Romania.

Baca juga: Ukraina Hancurkan 22 Drone Rusia di Odessa

Juru bicara tersebut membagikan sebuah foto yang menunjukkan apa yang tampak seperti awan asap di dekat sebuah perairan.

Seorang Juru Bicara Dinas Penjaga Perbatasan Negara Ukraina, mengatakan bahwa laporan Nikolenko dapat diandalkan dan bahwa dua ledakan telah terlihat.

"Kami mencatat dua ledakan di wilayah Romania dekat pelabuhan Izmail selama serangan Rusia semalam," kata Andriy Demchenko kepada AFP.

Menyusul penarikan diri dari kesepakatan pada bulan Juli yang mengizinkan ekspor biji-bijian Ukraina melalui Laut Hitam, Rusia telah menggempur pelabuhan-pelabuhan di bagian selatan Ukraina, termasuk Izmail.

Tanggapan Romania

Sementara itu, Romania dengan tegas membantah bahwa drone Rusia jatuh di wilayahnya selama serangan tersebut.

"Tidak ada satu pun alat serangan yang digunakan oleh Federasi Rusia yang menimbulkan ancaman militer langsung terhadap wilayah nasional atau perairan teritorial Romania," kata Kementerian Pertahanan Romania.

Baca juga: Drone Rusia Serang Fasilitas Biji-bijian di Odessa Ukraina

Meskipun sebagian besar pertempuran selama invasi Rusia terjadi di dalam perbatasan Ukraina, Kyiv kadang-kadang mengeklaim konflik telah meluas ke negara-negara Eropa, klaim yang sebagian besar dibantah oleh sekutu NATO-nya.

Pada Maret 2022, sebuah drone Tupolev buatan Soviet dilaporkan jatuh di ibu kota Kroasia, Zagreb, tanpa menimbulkan korban. Sementara, pada November 2022, sebuah rudal dilaporkan telah mendarat di sebuah desa di Polandia dekat perbatasan Ukraina dan menewaskan dua orang.

Ukraina menuduh Rusia berada di balik kedua insiden tersebut.

Namun dalam kedua kasus tersebut, sekutu-sekutu Barat Ukraina menepis tuduhan itu. Mereka menyatakan bahwa rudal-rudal itu berasal dari Ukraina dan jatuh di sana secara tidak sengaja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com