Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontes Warga Negara Paling Malas, Peserta Dilarang Berdiri Bahkan Duduk

Kompas.com - 17/09/2023, 12:15 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Metro

 PODGORICA, KOMPAS.com - Melanjutkan tradisi tahunannya, Montenegro memulai kontes warga negara paling malas bulan lalu, yang pesertanya berbaring di atas tikar selama hampir 24 jam sehari.

Seperti namanya, tujuan dari kompetisi ini adalah untuk melihat kontestan mana yang memiliki waktu tidur terlama dan dapat berbaring lebih lama dibandingkan kontestan lainnya, Metro melaporkan.

Kompetisi aneh ini diadakan di desa resor Brezna di Montenegro utara.

Baca juga: Miss Universe Coret Penyelenggara Indonesia dan Batalkan Kontes di Malaysia

Tantangan tahun ini dimulai pada pertengahan Agustus dan kini memasuki hari ke-26, karena hanya tersisa tujuh dari 21 peserta.

Para kontestan ini bersaing untuk mendapatkan hadiah utama sebesar 1.070 dollar AS.

Sesuai aturan perlombaan, peserta yang bertanding sambil berbaring diperbolehkan tidur, memenuhi kebutuhan makan dan minuman, membaca buku, dan menggunakan telepon.

Namun, duduk dan berdiri dianggap melanggar aturan. Kontestan diperbolehkan memiliki waktu 10 menit setiap delapan jam untuk pergi ke toilet.

Tahun lalu, rekor berbaring dicapai dalam 117 jam, namun tahun ini, kompetisi tersebut telah melewati 26 hari, lapor New York Post.

''Kami semua merasa baik-baik saja, luar biasa, tidak ada masalah kesehatan, mereka memanjakan kami, yang perlu kami lakukan hanyalah tetap berbaring,'' kata juara 2021 Dubravka Aksic.

Kontes ini diluncurkan di negara kecil ini 12 tahun yang lalu untuk mengejek mitos populer yang menyebut orang Montenegro sebagai orang yang malas, jelas Radonja Blagojevic, salah satu penyelenggara kompetisi.

Baca juga: Seperti Apa Sebenarnya Proses Body Checking di Kontes Kecantikan?

''Kami mengadakan kompetisi berbaring ini sebagai parodi, memanfaatkan stereotipe bahwa orang Montenegro itu malas, untuk melihat siapa yang bisa bertahan paling lama. Saat ini, ada tujuh dari 21 kontestan yang mendaftar tahun ini,'' kata Blagojevic.

Dia mengatakan tujuh kontestan yang tersisa dari 21 peserta telah berbaring selama 463 jam sejauh ini.

Secara tradisional, kompetisi diadakan di bawah pohon maple, namun karena cuaca buruk, mereka malah pindah ke gubuk kayu.

Baca juga: Bertemu di Kontes Kecantikan, Miss Puerto Rico dan Miss Argentina Umumkan Pernikahan

Kompetitor sejauh ini dalam kondisi sehat dan bugar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com