Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuschia Anne dari Filipina Memenangkan Kontes Kecantikan Transgender 2022

Kompas.com - 26/06/2022, 11:00 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber Reuters

PATTAYA, KOMPAS.com - Fuschia Anne Ravena dari Filipina dinobatkan sebagai Miss International Queen 2022 pada Sabtu (25/6/2022), di kontes kecantikan transgender di Thailand, yang disebut sebagai kontes transgender terbesar dan terpopuler di dunia.

Pemilik bisnis berusia 27 tahun itu mengalahkan 22 kontestan transgender lainnya untuk memperebutkan mahkota, di mana tempat kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh kontestan dari Kolombia dan Perancis.

"Pesan pertama saya kepada semua orang adalah menyebarkan cinta dan perdamaian dan persatuan karena itu adalah hal terpenting yang kita lakukan saat ini dan apa yang terjadi di dunia saat ini," kata Ravena yang mengenakan gaun malam perak berkilauan, dikutip dari Reuters.

Baca juga: Ibu Negara Perancis Ambil Jalur Hukum Pasca-Diisukan Transgender

Kontes kecantikan trangeder tersebut telah ditunda hampir dua tahun akibat pandemi Covid-19.

CEO Miss Tiffany Show, Alisa Phanthusak, penyelenggara kontes, menyampaikan pada tahun ini kontes dilanjutkan di Kota Pattaya bersamaan dengan Pride Month untuk merayakan kesetaraan gender.

Kontes yang diikuti transgender dari seluruh dunia pertama kali digelar satu dekade lalu untuk membantu perempuan transgender merasa lebih diterima lingkungan.

Thailand adalah salah satu yang paling terbuka soal komunitas lesbian, gay, biseksual dan transgender, memberikan citra negara yang toleran dan memberi daya tarik sebagai tujuan liburan yang liberal bagi turis mancanegara.

Tetapi, aktivis mengatakan undang-undang dan institusi Thailand belum mencerminkan perubahan sikap sosial dan masih mendiskriminasi orang-orang LGBT+ serta pasangan sesama jenis.

Baca juga: Daftar Negara di Asia Tenggara yang Boleh dan Tak Memperbolehkan Poligami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com