Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Asia Berkumpul di China, Promosikan Persahabatan Abadi

Kompas.com - 18/05/2023, 16:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

BEIJING, KOMPAS.com - Para kepala negara Asia Tengah berkumpul di kota bersejarah Xian di China pada Kamis (18/5/2023) untuk bertemu langsung dengan pemimpin China Xi Jinping.

Mereka menyegel janji persahabatan abadi, membuka jalan bagi pertemuan puncak yang diharapkan menghasilkan pakta regional dengan Beijing.

Pertemuan bilateral mengatur panggung untuk pertemuan kelompok pada hari Jumat (19/5/2023), pertemuan tatap muka pertama dari enam pemimpin, di mana Xi akan menyampaikan pidato "penting", menurut kementerian luar negeri China.

Baca juga: China Minta Kedubesnya Tak Pamerkan Propaganda Dukungan Ukraina

Dokumen politik penting juga akan ditandatangani.

Dilansir dari Reuters, di seberang kota Xian, dari mana Jalur Sutra kuno menghubungkan China kekaisaran dengan peradaban di baratnya lebih dari satu milenium yang lalu, spanduk, papan reklame, dan bahkan tanda taksi dipasang untuk mempromosikan pertemuan puncak, dengan banyak di antaranya dalam bahasa China dan Rusia.

China mengintensifkan keterlibatan ekonomi dan politiknya dengan negara-negara bekas Soviet di tanah China karena sekutunya Rusia menyalurkan sumber daya yang tersisa untuk perang di Ukraina.

Kepala negara pertama yang tiba di Xian adalah Presiden Kassym-Jomart Tokayev dari Kazakhstan, mitra dagang terbesar China di Asia Tengah, dengan pertemuan tatap muka dengan Xi pada hari Rabu (17/5/2023).

Pertemuan diakhiri dengan kesepakatan untuk membangun persahabatan abadi dan berbagi kekayaan dan kesengsaraan.

“Kami memiliki tujuan yang sama untuk mengintensifkan hubungan bilateral,” kata Tokayev kepada Xi.

"Kami juga dipersatukan oleh keinginan untuk memperkuat keamanan dan kerja sama regional dan internasional," tambahnya.

Baca juga: China Tutup 100.000 Akun Media Sosial yang Sebarkan Berita Palsu

Kedua belah pihak setuju untuk mengambil langkah-langkah untuk memastikan operasi yang aman dan stabil dari bagian Kazakh dari pipa gas alam China-Asia Tengah, dan juga memperdalam kerja sama minyak dan uranium.

Menetapkan nada kolaboratif untuk pertemuan bilateral lainnya, di mana China akan mencari kerja sama yang lebih dalam dengan negara-negara Asia Tengah lainnya dalam usahanya mencapai pangan, energi, dan keamanan nasional yang lebih besar, Presiden Kyrgyzstan Sadyr Japarov mengatakan kepada Xi bahwa dia ingin memperdalam perdagangan, ekonomi, dan investasi link.

"Tidak ada ketidaksepakatan politik atau masalah yang belum terselesaikan antara negara kita," kata Japarov.

Baca juga: Mendayung di antara China dan Amerika

"Kami saling memberi dukungan pada isu-isu topikal dan vital untuk masing-masing negara bagian kami."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com