Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Akan Datang ke Penobatan Raja Charles III Tanpa Meghan

Kompas.com - 13/04/2023, 12:47 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Istana Buckingham pada Rabu (12/4/2023) mengatakan, Pangeran Harry akan menghadiri penobatan ayahnya, Raja Charles III, di London tanpa istrinya yaitu Meghan Markle.

Pengumuman itu menjawab ketidakpastian selama berminggu-minggu atas kehadiran Harry dan Meghan, yang melancarkan rentetan kritik terhadap keluarga Kerajaan Inggris sejak keluar dari tugas kerajaan pada awal 2020.

"Istana Buckingham dengan senang hati mengonfirmasi bahwa Duke of Sussex akan menghadiri upacara penobatan di Westminster Abbey pada 6 Mei," demikian pernyataan istana, menggunakan gelar resmi Harry.

Baca juga: Akhiri Spekulasi, Pangeran Harry Diundang Penobatan Raja Charles III

"Duchess of Sussex akan tetap di California bersama Pangeran Archie dan Putri Lilibet," lanjutnya, dikutip dari kantor berita AFP.

Penobatan Raja Charles yang akan membuatnya dimahkotai secara resmi jatuh pada hari ulang tahun keempat Archie.

Perjalanan Harry ke Inggris akan singkat dan dia tidak akan menghadiri acara terkait penobatan lainnya, kata seorang sumber kepada kantor berita domestik PA.

Keterlambatan Harry dan Meghan membalas undangan itu kabarnya sempat menyulitkan pihak penyelenggara, mengingat pengaturan keamanan acara ini yang akan dihadiri banyak pejabat asing dan kepala negara.

Kehadiran Harry dipandang sangat sensitif sejak penerbitan bukunya yang berjulul Spare pada Januari 2023.

Dalam otobiografi yang eksplosif tersebut, pangeran berusia 38 tahun itu mengeklaim kakak laki-lakinya yakni Pangeran William pernah menyerangnya saat bertengkar tentang Meghan, mantan aktris televisi Amerika.

Baca juga:

Sebelumnya, Harry dan Meghan juga melakukan serangkaian wawancara besar dan tampil di serial dokumenter Netflix. Mereka berulang kali mengkritik para bangsawan Kerajaan Inggris.

Dalam komentar yang secara luas dipandang merusak monarki, Meghan--wanita ras campuran--pada 2021 berkata kepada Oprah Winfrey bahwa ada komentar tentang warna kulit Archie sebelum kelahirannya.

Klaim tersebut membuat William menanggapi dengan marah, berujar bahwa para bangsawan di kerajaannya sama sekali bukan keluarga rasis.

Terlepas dari ketegangan, Charles dikabarkan sangat ingin Harry yang merupakan anak bungsunya hadir di penobatan.

Harry dan Meghan jarang ke Inggris sejak pindah ke Amerika Serikat. Kunjungan ke Inggris belum lama ini termasuk saat pemakaman Ratu Elizabeth II pada September 2022.

Charles, yang naik tahta setelah Ratu Elizabeth wafat, akan secara resmi dinobatkan sebagai raja dalam upacara yang dihadiri 2.000 orang dan disaksikan penonton televisi di seluruh dunia.

Baca juga: Hal-hal yang Berubah Setelah Raja Charles III Naik Takhta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com