Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penobatan Raja Charles III, Pub di Inggris Diizinkan Buka Lewat Dini Hari

Kompas.com - 05/03/2023, 12:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Sky News

LONDON, KOMPAS.com - Orang-orang akan dapat menikmati satu atau dua pint ekstra antara Jumat 5 Mei dan Minggu 7 Mei, kata Menteri Dalam Negeri Inggris Suella Braverman

Perpanjangan waktu tutup selama dua jam melebihi jam normal pukul 23.00 didukung oleh 77 persen publik yang ikut serta dalam konsultasi selama sebulan.

Braverman akan meletakkan perintah sebelum parlemen pada pekan depan, menggunakan bagian 172 dari Licensing Act 2003, yang memungkinkan jam buka lebih lama untuk menandai peristiwa penting yang luar biasa.

Baca juga: Raja Charles Kunjungi Perancis dan Jerman dalam Kunjungan Kenegaraan Pertamanya

"Penobatan akan menjadi kesempatan penting yang pantas untuk perayaan khusus," katanya,
seperti dilansir dari Sky News.

"Itulah mengapa saya memperpanjang jam perizinan selama akhir pekan penobatan bersejarah ini."

"Dari atas dan ke bawah negara, orang dapat menikmati satu atau dua pint ekstra di malam hari sementara keluarga dan teman-teman dapat berkumpul untuk berharap Yang Mulia Raja memerintah panjang dan bahagia," tambahnya.

Emma McClarkin, kepala eksekutif British Beer and Pub Association, mengatakan jam tambahan adalah dorongan tepat waktu untuk industri pub.

"Di tengah periode yang sangat menantang, saya yakin pub kami akan menandai kesempatan yang menggembirakan ini dengan menyelenggarakan acara dan pesta khusus sebagai bagian dari perayaan nasional," ujarnya.

"Pengumuman jam buka yang diperpanjang akan membantu kita semua untuk menandai acara penting ini. Saya akan mendorong semua orang untuk pergi ke lokal mereka dan bersulang untuk Yang Mulia selama akhir pekan penobatan," tambahnya.

Dalam perkembangan lain, masyarakat didorong untuk membagikan bagaimana mereka akan merayakan penobatan di peta digital yang disiapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Diminta Kosongkan Rumah di Inggris, Raja Charles Disebut Setuju

Acara ini dapat mencakup makan siang, pesta jalanan, dan kegiatan sukarela.

Perdana Menteri Rishi Sunak akan mengadakan "Makan Siang Besar" di Downing Street, di mana para sukarelawan masyarakat akan menjadi tamu.

"Kami ingin semua orang di seluruh negeri memiliki kesempatan untuk terlibat dalam penobatan Yang Mulia Raja dan Yang Mulia Permaisuri," kata Sekretaris Kebudayaan Lucy Frazer.

Baca juga: Raja Charles III Kutuk Serangan Tak Beralasan Rusia di Ukraina

"Peta interaktif kami akan membantu Anda menemukan aktivitas, acara, dan perayaan terdekat," tambahnya.

Penobatan akan berlangsung pada Sabtu pagi di Westminster Abbey, dengan Coronation Big Lunch keesokan harinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com