Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China dan Taiwan Kesampingkan Konflik, Kerja Sama Selamatkan Panda Raksasa Tuan Tuan

Kompas.com - 29/10/2022, 23:02 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

TAIPEI, KOMPAS.com - Pejabat kebun binatang Taiwan mengatakan telah mengundang pakar kedokteran hewan China ke Taipei, untuk kunjungan langka antara kedua belah pihak terkait kesehatan panda raksasa Tuan Tuan.

Konflik China-Taiwan menghangat sejak 2016, dengan Beijing memutuskan komunikasi resmi dan kunjungan pemerintah antara kedua belah pihak dibatalkan.

Tapi Taiwan membuat pengecualian setelah Tuan Tuan, panda jantan yang dihadiahkan ke pulau itu oleh Beijing pada 2008, jatuh sakit dalam beberapa pekan terakhir dan tampaknya memasuki masa senja.

Baca juga: Benarkah Taiwan Pernah Jadi Bagian dari China Selama 1.800 Tahun?

Panda raksasa Tuan Tuan, yang melambangkan era hubungan yang lebih hangat diantara keduanya, kini dipindahkan ke perawatan akhir hayat.

Kebun Binatang Taipei mengatakan dokter hewan China akan tinggal selama tujuh hari namun hanya mengamati, bukan melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Tujuan utamanya adalah untuk mengunjungi Tuan Tuan dan melihat kondisinya saat ini," kata Eve Wang, Kepala Bagian Hewan Kebun Binatang Kota Taipei kepada wartawan sebagaimana dilansir Daily Mail pada Sabtu (29/10/2022)

Lebih lanjut menurutnya, dokter-dokter China menyatakan keinginan mereka untuk datang sendiri mengunjungi Tuan Tuan.

“Saya juga berpikir ini akan menjadi perjalanan yang sangat berarti," tambahnya.

Tidak jelas kapan dokter hewan dari “Negeri Tirai Bambu” akan tiba, tetapi Dewan Urusan Daratan Taiwan mengatakan pada Rabu (26/10/2022) bahwa mereka sedang memproses aplikasi visa mereka.

Dalam foto yang dirilis oleh Kebun Binatang Taipei ini, Panda Raksasa Tuan Tuan dan Yuan Yuan terlihat di dekat kue ulang tahun mereka untuk menandai ulang tahun ke-18 mereka di Kebun Binatang Taipei di Taipei, Taiwan pada Selasa, 30 Agustus 2022.TAIPEI ZOO via AP PHOTO Dalam foto yang dirilis oleh Kebun Binatang Taipei ini, Panda Raksasa Tuan Tuan dan Yuan Yuan terlihat di dekat kue ulang tahun mereka untuk menandai ulang tahun ke-18 mereka di Kebun Binatang Taipei di Taipei, Taiwan pada Selasa, 30 Agustus 2022.

Baca juga: Jajak Pendapat Media Pemerintah: Generasi Muda China Remehkan AS dan Barat

Tuan Tuan dan pasangannya Yuan Yuan diberikan ke Taiwan oleh Beijing pada saat hubungan antara kedua tetangga lebih ramah.

Jika nama mereka digabungkan berarti 'reuni' atau 'persatuan,' seolah menjadi citra dari target dari Partai Komunis China suatu hari akan mengambil Taiwan.

Pasangan itu menjadi bintang besar di Taiwan dan Yuan Yuan sejak itu melahirkan dua anak perempuan.

“Dia (Tuan Tuan) masih kecil dan sangat lucu saat pertama kali tiba di sini,” kata Heng Ling-lin, yang membawa anak-anaknya ke Kebun Binatang Taipei untuk memberikan pesan harapan untuk kesembuhan panda raksasa itu.

"Dia seperti bayi semua orang," katanya kepada AFP.

“Hatiku hancur sekarang melihatnya seperti ini.”

Baca juga: Taiwan Desak China Letakkan Senjata dan Berhenti Menekan Taipei

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com