Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

82.000 Tentara Cadangan Rusia Dikerahkan, Gelombang Pertempuran Baru Dimulai?

Kompas.com - 29/10/2022, 20:46 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Al Jazeera

MOSKWA, KOMPAS.com - Rusia mengatakan telah selesai memanggil ratusan ribu pasukan cadangan untuk berperang di Ukraina dengan lebih dari seperempat sudah dikerahkan ke medan perang.

Pengumuman pada Jumat (27/10/2022) tampaknya mengakhiri upaya mobilisasi yang memecah belah - yang pertama di Rusia sejak Perang Dunia II.

Mobilisasi parsial tersebut dilaporkan menyebabkan puluhan ribu orang melarikan diri dari negara itu dan menimbulkan protes publik berkelanjutan pertama terhadap perang.

“Tugas yang Anda tetapkan untuk (memobilisasi) 300.000 orang telah selesai,” kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu kepada Presiden Vladimir Putin pada pertemuan yang disiarkan televisi di Kremlin sebagaimana dilansir Al Jazeera.

“Tidak ada tindakan lebih lanjut yang direncanakan.”

Baca juga: Pembawa Acara TV Rusia Sebut Anak-anak Ukraina Harus Dibakar, lalu Minta Maaf

Dia mengatakan 82.000 tentara telah dikirim ke zona pertempuran dan sisanya dalam pelatihan.

Putin berterima kasih kepada para tentara cadangan “atas dedikasi mereka terhadap tugas, atas patriotisme mereka, atas tekad kuat mereka untuk membela negara kita, untuk membela Rusia, yang berarti rumah mereka, keluarga mereka, warga negara kita, rakyat kita”.

Minim persenjataan?

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Jumat (28/10/2022) menyatakan keraguan tentang deklarasi Rusia bahwa rancangannya telah selesai, dengan mengatakan kinerja pasukan Moskwa yang buruk berarti lebih banyak orang mungkin dibutuhkan.

“Kami mendapat laporan bahwa musuh telah menyelesaikan mobilisasinya seolah-olah tidak perlu lagi mengirim gelombang baru warga Rusia ke garis depan,” kata Zelensky dalam sebuah pidato video.

“Kami merasa sangat berbeda di lini depan.”

Menurut Zelensky, meskipun Rusia mencoba meningkatkan tekanan pada pasukan Ukraina dengan menggunakan wajib militer, pasukan Putin sangat kurang siap dan minim persenjataan.

“Begitu brutal digunakan oleh komando mereka, yang memungkinkan kami menganggap bahwa segera Rusia mungkin membutuhkan gelombang baru orang untuk kirim ke perang,” kata sebagaimana dilanjir Al Jazeera.

Baca juga: Ukraina Hari Ini: Rusia Selesai Rekrut 300.000 Tentara Cadangan dari Mobilisasi Parsial

Putin dan Shoigu mengakui “masalah” pada hari-hari awal pemanggilan. Namun, Shoigu mengatakan masalah awal dalam memasok pasukan yang baru dimobilisasi telah diselesaikan.

Putin mengatakan kesalahan mungkin tidak dapat dihindari karena Rusia tidak melakukan mobilisasi untuk waktu yang lama tetapi pelajaran telah dipetik.

"Mobilisasi parsial", yang diperintahkan Putin bulan lalu setelah pasukannya mengalami kemunduran besar di medan perang, adalah pertama kalinya sebagian besar orang Rusia menghadapi dampak pribadi langsung dari "operasi militer khusus" yang diluncurkan di Ukraina pada Februari.

Al Jazeera melaporkan lebih dari 2.000 orang ditangkap dalam protes anti-mobilisasi, terutama di beberapa bagian negara yang dihuni oleh etnis minoritas, yang mengeluh bahwa mereka menjadi sasaran yang tidak proporsional dalam panggilan tersebut.

Puluhan ribu pria Rusia diyakini telah melarikan diri dari negara itu untuk menghindari dipaksa berperang, banyak diantaranya ke negara tetangga bekas republik Soviet.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-247 Serangan Rusia ke Ukraina: Ukraina Klaim Tembak 300 Drone Kamikaze Iran, Barat Sebut Tuduhan Konspirasi Rusia Buang-buang Waktu

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com