Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Habiskan Banyak Uang untuk Lindungi Putin dari Covid

Kompas.com - 20/07/2022, 16:01 WIB
BBC News Indonesia,
Danur Lambang Pristiandaru

Tim Redaksi

MOSKWA, KOMPAS.com - Sekitar 54,6 juta dollar AS (Rp 817,7 miliar) dihabiskan untuk sejumlah tindakan yang diambil untuk melindungi kesehatan Presiden Rusia Vladimir Putin di dua tahun pandemi, 2020 dan 2021, menurut data yang tersedia secara terbuka.

Pengeluaran ini termasuk karantina untuk anggota staf Kremlin, kru pilot, dan dokter yang berkontak dengan Putin, PCR, dan tes antibodi Covid. Juga termasuk suntikan vaksin tambahan untuk influenza, bakteri staphylococcus aureus, dan cacing.

Bahkan setelah pandemi mereda, semua protokol perlindungan kesehatan ini masih terus dilakukan.

Baca juga: Putin Kunjungi Iran, AS: Lihat Betapa Terisolasinya Rusia Sekarang

Saat pandemi Covid sedang pada puncak tertingginya, Putin adalah salah satu pemimpin yang paling terlindungi di dunia – bahkan hingga sekarang, saat restriksi Covid mulai dilonggarkan di seluruh dunia.

Semua orang dengan akses radius satu kilometer dari Putin (ini berarti belasan orang, seperti dokter, staf khusus, pilot, dan banyak lagi) harus menghabiskan dua pekan di karantina.

Mereka juga harus melakukan setidaknya empat tes Covid, juga sejumlah tes kesehatan lain, termasuk di antaranya memberikan sampel urine dan feses.

Namun bagaimana sistem untuk melindungi Vladimir Putin ini bekerja?

“Lalu tiba giliran saya. Kami berjabat tangan dan saya mengucapkan semoga sukses kepadanya (Vladimir Putin) dari semua veteran perang di negara kami,” kata Akhat Yulashev, seorang purnawirawan jenderal dari Tatarstan, kepada media lokal setelah dia kembali ke kotanya dari Moskwa.

Pria 94 tahun ini pergi ke Moskwa untuk menghadiri parade Hari Kemerdekaan 9 Mei di Lapangan Merah Moskwa yang terkenal.

Tapi karena dia telah direncanakan akan begitu dekat dengan Putin dan berjabat tangan dengannya, sebelum acara dia harus dikarantina dulu di sebuah hotel di Moskwa, yang disebutnya “sangat mewah”.

Baca juga: Putin: Kami Akan Memfasilitasi Ekspor Gandum Ukraina, tapi...

Pengeluaran yang tak pernah terjadi sebelumnya

BBC tidak dapat berbicara secara langsung dengan Jenderal Yulashev, namun dia diyakini merupakan satu dari sekitar 400 orang yang dikarantina selama dua pekan di hotel-hotel mewah Moskwa (satu hotel bintang empat dan satu hotel bintang lima) sebelum mereka bertemu dengan Putin di parade.

Setelah pandemi mereda dan berbagai vaksin telah ada, protokol perlindungan di sekitar Putin tetap berlangsung.

Putin juga bolak-balik di antara sejumlah rumahnya lebih sering sekarang daripada dua tahun lalu. Dan kemana pun dia pergi, belasan orang dalam timnya mengikuti.

Data yang tersedia secara publik dari sumber-sumber resmi pemerintah Rusia mengungkap sekitar 3,2 juta rubel (54,6 juta dollar AS atau Rp 817,7 miliar) dihabiskan untuk melindungi kesehatan Putin melalui protokol ini.

Baca juga: Putin Tiba di Iran dalam Kunjungan Langka ke Luar Negeri Pasca Invasi ke Ukraina, Ini Agendanya

Mikhail Fremderman, seorang dokter Israel yang hingga 2014 tinggal di Rusia, mengatakan langkah ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com