[POPULER GLOBAL] PM Italia: Jokowi Bilang Putin Tak Akan Hadiri KTT G20 | Yang Akan Dibahas Putin dan Jokowi

Kompas.com - 30/06/2022, 05:40 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah informasi penting yang terjadi pada Rabu (29/6/2022), berfokus pada pertemuan antara Presiden RI Joko Widodo dan pemimpin Ukraina serta Rusia.

Berita-berita terkait hal itu jadi yang paling banyak dibaca di kanal Global, dari Rabu hingga Kamis (30/6/2022) pagi.

Berikut rangkuman dan pranala selengkapnya.

Baca juga: Kasus Naira Ashraf yang Ditikam Mati di Depan Umum: Pelaku Pembunuhan Dihukum Mati

1. PM Italia: Jokowi Bilang Putin Tak Akan Hadiri KTT G20 di Bali

Perdana Menteri (PM) Italia Mario Draghi mengatakan pada Selasa (28/6/2022), bahwa ketua G20 2022 Joko Widodo, telah mengesampingkan kehadiran Presiden Rusia Vladimir Putin di KTT G20 di Bali, Indonesia pada November nanti, sebuah pernyataan yang dengan cepat ditepis oleh Kremlin.

Indonesia memegang kepresidenan bergilir G20 tahun ini dan negara-negara Barat telah menekan Jokowi untuk mengecualikan Presiden Rusia dari KTT, setelah mengumumkan pada April bahwa Putin telah diundang.

“Presiden Widodo mengesampingkannya. Dia (Putin) tidak akan datang,” kata Draghi kepada wartawan di akhir KTT G7 dua hari di Jerman, di mana Jokowi diundang sebagai tamu.

Baca selengkapnya di sini.

Baca juga: Presiden Joko Widodo Disambut Presiden Zelensky di Istana Maryinsky

2. Media Rusia Ungkap Apa yang Akan Dibahas Putin dan Jokowi

Kantor Berita Rusia berbahasa Inggris TASS mengungkap apa yang akan dibahas oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo ketika bertemu di Moskwa pada Kamis (30/6/2022).

Pada Senin (27/6/2022) malam, TASS menerbitkan artikel berjudul "Russian, Indonesian presidents to discuss Ukraine, grain and fertilizer exports on June 30" di situs web mereka.

Dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa situasi di Ukraina dan masalah ekspor biji-bijian serta pupuk akan menjadi fokus pembicaraan antara Presiden Vladimir Putin dan Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.