Kompas.com - 29/06/2022, 21:32 WIB

KAIRO, KOMPAS.com - Pengadilan Mesir memvonis pelaku pembunuhan Naira Ashraf atas pembunuhan berencana dan menjatuhkan hukuman mati pada Selasa (28/6/2022), menurut laporan media lokal.

Naira Ashraf (21 tahun), dibunuh pekan lalu oleh Mohammed Adel karena dilaporkan menolak lamaran pernikahannya.

Baca juga: Naira Ashraf Dibunuh karena Tolak Lamaran Nikah, Hukuman Mati Menanti Pelaku

Dalam sebuah video yang beredar luas di media sosial yang memicu kemarahan di seluruh negara Arab, Adel terlihat menikam Ashraf secara sangat fatal hingga membuat mahasiswi Mesir itu tewas di lokasi kejadian depan universitasnya.

Putusan, yang dijatuhkan di Mansoura utara Kairo setelah kasus dibuka pada Minggu (26/6/2922), sekarang akan dirujuk ke grand mufti, otoritas teologi tertinggi Mesir - formalitas dalam kasus hukuman mati.

Putusan akhir akan diumumkan pada 6 Juli, menurut Youm7 sebagaimana dilansir dari Alarabiya News.

“Dia membuat rencana untuk membunuhnya. Dia memilih waktu ketika Ashraf akan berada di bus menuju universitas untuk ujian,” Youm7 melaporkan mengutip rincian dari file kasus.

Baca juga: Naira Ashraf, Mahasiswi Mesir Dibunuh di Depan Umum karena Tolak Lamaran Pernikahan

Lebih lanjut terungkap bahwa pelaku telah membawa pisau, saat dia naik bus yang sama lalu dengan Ashraf dan mengikuti korban lalumenikamnya beberapa kali sebelum mengenai bagian yang sangat vital dengan tujuan jelas untuk membunuh mahasiswi Mesir tersebut.

Korban sebelumnya telah melaporkan Adel ke pihak berwenang, karena khawatir dia akan menyerangnya, menurut ayahnya dan saksi lainnya kepada AFP.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Arabiya pada Minggu (26/6/2022), ibu Ashraf mengatakan Adel menyimpan "dendam" terhadap putrinya, dan menambahkan bahwa terdakwa telah melecehkan putrinya selama dua tahun.

Ibu korban juga menolak kesaksian pelaku di pengadilan, di mana Adel mengklaim bahwa Ashraf mengancamnya, menilai itu sebagai kebohongan.

“Ini bukan cinta. Jika Anda mencintai seseorang, Anda tidak akan melakukan ini padanya. Dia posesif dan egois,” kata sang ibu.

Baca juga: Profil Naira Ashraf, Wanita Mesir yang Ditikam karena Menolak Menikah

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Alarabiya
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.