Kompas.com - 29/06/2022, 10:06 WIB

KOMPAS.com - Rusia gagal bayar utang luar negeri (default) untuk pertama kalinya sejak Revolusi Bolshevik 1917, menyusul sanksi atas invasi ke Ukraina. Alhasil, negara itu pun semakin terasing dari sistem keuangan global.

Pada Senin (27/6/2022), Lembaga Pemeringkat Moody's telah mengonfirmasi bahwa Rusia gagal bayar utang luar negeri, setelah pemegang obligasi tidak menerima pembayaran bunga sebesar 100 juta dollar AS.

Baca juga: Rusia Dikonfirmasi Gagal Bayar Utang Luar Negeri, Kali Pertama dalam Seabad

Negara itu seharusnya memiliki tenggat waktu hingga Minggu (26/6/2022) malam, untuk memenuhi masa tenggang 30 hari atas pembayaran bunga yang semula jatuh tempo pada 27 Mei.

Bulan lalu, Departemen Keuangan AS mengakhiri kemampuan Rusia untuk membayar miliaran utangnya kembali kepada investor internasional melalui bank-bank Amerika.

Sebagai tanggapan, Kementerian Keuangan Rusia mengatakan akan membayar utang mata uang dolar dalam rubel, dan menawarkan "kesempatan untuk konversi selanjutnya ke mata uang asli."

Rusia menyebut kondisi “default” ini adalah buatan. Pihaknya mengaku memiliki uang untuk membayar utangnya, tetapi menyatakan sanksi telah membekukan cadangan mata uang asingnya yang disimpan di luar negeri.

“Ada uang dan ada juga kesiapan untuk membayar,” kata Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov bulan lalu sebagaimana dilansir AP.

“Situasi ini, yang diciptakan secara artifisial oleh negara yang tidak bersahabat, tidak akan berpengaruh pada kualitas hidup orang Rusia.”

Meski demikian, Tim Ash, analis senior pasar negara berkembang di BlueBay Asset Management, mengatakan bahwa default "jelas tidak" di luar kendali Rusia. Sebab sanksi yang mencegahnya membayar utangnya diberikan karena tindakannya menginvasi Ukraina.

Berikut adalah hal-hal penting soal kondisi Rusia gagal bayar utang luar negeri yang perlu diketahui.

Baca juga: Rusia Gagal Bayar Utang Luar Negeri, Bangkrut Juga seperti Sri Lanka?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.