Kompas.com - 29/06/2022, 17:15 WIB

IRPIN, KOMAPAS.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana mengawali agenda di Ukraina dengan meninjau puing-puing atau reruntuhan kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin pada Rabu (29/6/2022).

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin ketika menyaksikan puing-puing bangunan apartemen yang rusak akibat perang tersebut.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang dan sangat menyedihkan sekali banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Presiden Jokowi usai peninjauan, dikutip dari Antara.

Baca juga: Media Asing Soroti Aksi Jokowi Jadi Pemimpin Asia Pertama Kunjungi Ukraina-Rusia

Presiden Jokowi pun berharap agar perang bisa segera dihentikan dan tidak ada lagi kota-kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," tambah Presiden Jokowi.

Seusai mengunjungi reruntuhan apartemen Lipky di kota Irpin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara juga diagendakan berkunjung ke Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Pada siang harinya waktu setempat, Presiden Jokowi baru akan ke Istana Maryinsky untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Sementara pada sore hari, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas akan kembali ke Stasiun Central Kyiv untuk kemudian bertolak menuju ke Stasiun Przemysl di Polandia dengan menggunakan Kereta Luar Biasa (KLB).

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung dilaporkan turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana saat meninjau Kota Irpin.

Baca juga: Jokowi Tiba di Kyiv, Segera Bertemu Zelensky

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.