Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paksa Ikut Demonstran Capitol, Trump Disebut Sempat Ngamuk ke Sopirnya

Kompas.com - 29/06/2022, 15:45 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan presiden AS Donald Trump dengan marah menerjang sopir Dinas Rahasianya dan meraih kemudi limusinnya dalam upaya untuk bergabung dengan kerumunan saat berbaris di Capitol pada hari pemberontakan mematikan Januari 2021 lalu.

Seorang ajudan bersaksi tentang hal ini pada Selasa (28/6/2022), dilansir AFP.

Dalam beberapa kesaksian paling eksplosif sejauh ini kepada komite DPR yang menyelidiki kekerasan, Cassidy Hutchinson, asisten kepala staf Trump Mark Meadows, mengatakan presiden telah menuntut untuk dibawa ke Capitol setelah pidatonya di dekat Gedung Putih.

Baca juga: Obama Versus Trump

Tapi Trump lantas marah ketika dia diberitahu bahwa itu tidak mungkin karena alasan keamanan, dan dia mencoba bergulat dengan Dinas Rahasia untuk mengendalikan mobil dinasnya, Hutchinson bersaksi.

"Saya presiden yang akan datang, bawa saya ke Capitol sekarang," kata Trump, menurut Hutchinson, yang bersaksi bahwa cerita itu disampaikan kepadanya oleh pejabat pemerintah lainnya.

Trump, tampaknya menonton sidang yang disiarkan televisi, berusaha mendiskreditkan Hutchinson dalam kata-kata kasar.

Beberapa posting di jaringan media sosialnya, menolak episode itu sebagai "cerita palsu" dan menyebut sidang itu "pengadilan kanguru."
Baca juga: Trump dan Dua Anaknya Akan Bersaksi atas Dugaan Penipuan Terkait Aset-asetnya

Media AS kemudian melaporkan bahwa agen Secret Service yang terlibat mungkin bersedia bersaksi dan menyangkal akun Hutchinson.

Dinas Rahasia AS tidak menanggapi permintaan komentar dari AFP.

Panel kongres telah menghabiskan waktu satu tahun untuk menyelidiki kerusuhan 6 Januari 2021 yang menghentikan sementara sertifikasi hasil pemilihan presiden oleh Kongres.

Pihaknya juga telah mengadakan enam dengar pendapat publik untuk menguraikan temuan awalnya, bahwa Trump memimpin konspirasi kriminal untuk membalikkan kekalahannya dari Joe Biden yang menyebabkan kekerasan.

Baca juga: Donald Trump Sebut Serangan ke Gedung Capitol sebagai Hoaks

Hutchinson adalah figur sentral dalam pemerintahan dan mampu menawarkan kepada komite laporan pertama tentang aktivitas di dalam Gedung Putih.

Dia bersaksi bahwa Trump dan beberapa letnan utamanya menyadari kemungkinan kekerasan, bertentangan dengan klaim bahwa serangan itu spontan dan tidak ada hubungannya dengan pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com