Kompas.com - 29/06/2022, 17:02 WIB

YERUSALEM, KOMPAS.com - Parlemen Israel diperkirakan akan bubar pada Rabu (29/6/2022), mengakhiri masa jabatan Perdana Menteri Naftali Bennett selama setahun dan memicu pemilihan kelima dalam waktu kurang dari empat tahun di negeri itu.

Dalam kondisi ini, mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu Israel disebut mungkin akan merebut kembali kekuasaan.

Baca juga: Mengapa Israel Sering Menggelar Pemilu?

Pertaruhannya kini tinggal menunggu ada atau tidaknya kesepakatan kejutan dalam kurang dari setengah hari ini, untuk menyelamatkan koalisi atau membentuk pemerintahan baru di dalam parlemen yang ada.

Aliansi delapan partai Bennett akan berakhir pada tengah malam dan Menteri Luar Negeri Yair Lapid akan diangkat sebagai perdana menteri.

Mantan pembawa acara televisi itu akan memimpin pemerintahan sementara, menjelang pemilihan yang dijadwalkan pada akhir Oktober atau awal November.

Aliansi beraneka ragam Bennett yang dibentuk pada 2021 menawarkan jeda dari era kebuntuan politik yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengakhiri rekor 12 tahun berturut-turut Netanyahu berkuasa dan melewati anggaran negara pertama Israel sejak 2018.

Netanyahu dilihat sebagai sosok pemecah, belah yang bersekutu dengan nasionalis sayap kanan dan partai-partai Yahudi ultra-Ortodoks Israel.

Dia telah menjanjikan kemenangan dalam pemilihan baru, tetapi mungkin sekali lagi berjuang untuk menggalang mayoritas parlemen, menurut beberapa jajak pendapat.

Dia saat ini diadili atas tuduhan korupsi, yang dia bantah.

Baca juga: 10 Tahun Lebih Berseteru, Turki-Israel Berupaya Pulihkan Hubungan

Kubu anti-Netanyahu kemungkinan akan dipimpin oleh Lapid, mantan selebritas TV yang berhaluan tengah.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.