Kompas.com - 29/06/2022, 20:34 WIB

MADRID, KOMPAS - Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan pertemuan aliansi di Madrid terjadi “di tengah krisis keamanan paling serius yang kami hadapi sejak Perang Dunia Kedua”, dan mengidentifikasi ancaman terbesar bagi aliansi.

Dilansir dari AP, Stoltenberg mengatakan NATO sedang melakukan "perombakan terbesar pertahanan kolektif kita sejak akhir Perang Dingin."

Baca juga: Rangkuman Hari Ke-125 Serangan Rusia ke Ukraina, Turkiye Akhirnya Setuju Finlandia dan Swedia Gabung NATO, Oligarki Rusia Menentang Invasi

Para pemimpin NATO berharap mengubah tujuan mendesak yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina, menjadi tindakan pada pertemuan puncak Rabu (29/6/2022) dan untuk menambal setiap celah dalam persatuan mereka terkait pendanaan dan misinya.

Mereka akan menerbitkan Konsep Strategis baru NATO, serangkaian prioritas dan tujuan satu dekade sekali. Dokumen seperti itu terakhir dibuat pada 2010, yang menyebut Rusia sebagai “mitra strategis.”

Sekarang, aliansi diatur untuk menyatakan bahwa Rusia ancaman No 1 bagi aliansi NATO.

Perang telah memicu peningkatan besar dalam pasukan NATO di Eropa timur.

Dalam KTT NATO ini, aliansi mencapai kesepakatan untuk meningkatkan kekuatan pasukan reaksi cepat aliansi hampir delapan kali lipat, dari 40.000 menjadi 300.000 tentara, pada tahun depan.

Pasukan akan berbasis di negara asal mereka, tetapi didedikasikan untuk negara-negara tertentu di sisi timur NATO, di mana aliansi tersebut berencana membangun persediaan peralatan dan amunisi.

Dokumen tersebut juga akan menjabarkan pendekatan NATO pada isu-isu, mulai dari keamanan siber hingga perubahan iklim—dan jangkauan ekonomi, serta militer China yang terus berkembang.

Baca juga: NATO Tempatkan 300.000 Tentara dalam Siaga Tinggi, Hadapi Ancaman Rusia

Untuk pertama kalinya, para pemimpin Jepang, Australia, Korea Selatan dan Selandia Baru menghadiri KTT sebagai tamu, yang mencerminkan semakin pentingnya kawasan Asia dan Pasifik.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.