Warna Langit Berubah Menjadi Merah Darah di Zhoushan China Kejutkan Warga, Apa yang Terjadi?

Kompas.com - 15/05/2022, 13:31 WIB

ZHOUSHAN, KOMPAS.com - Orang-orang tercengang ketika melihat warna langit berubah "merah darah" di Zhoushan China untuk waktu yang singkat pada Sabtu (7/5/2022), dan sempat menimbulkan ketakutan warga di media sosial.

Fenomena ini menjadi trending topik di media sosial mirip Twitter China, Weibo, dengan warga berbagi video dan gambar sambil bergurau bahwa “tampaknya kiamat telah dimulai”.

Baca juga: Langit Berubah Menjadi Oranye di Irak Setelah Badai Debu Besar Menerjang Seluruh Negeri

Langit malam yang berubah menjadi warna merah darah di Zhoushan juga menarik perhatian pengguna Twitter, dan memicu pemikiran apokaliptik.

Orang-orang telah menyamakan peristiwa itu dengan kiamat, dengan satu pengguna Twitter berkicau: “Langit di atas kota Zhoushan di China, dekat Shanghai berubah menjadi merah darah malam ini. Saya yakin ini benar-benar normal dan bukan pertanda kiamat. Benar?"

Netizen lain menulis, "Di China, warna merah langit tiba-tiba memenuhi ketakutan di antara orang-orang. Langit berwarna merah seperti darah. Langit merah ini terlihat di kota Zhoushan dekat Shanghai."

Zhoushan adalah kota pelabuhan yang terletak di selatan kota terbesar China Shanghai, di pantai Laut China Timur.

Dengan populasi 1,1 juta orang, kota ini adalah rumah bagi industri perikanan terbesar di China dan terhubung ke daratan oleh lima jembatan.

Baca juga: Badai Pasir Irak: 1.000 Orang Dilarikan ke RS, Langit Jadi Oranye

Penjelasan ahli

Para ahli telah mengklaim bahwa ada alasan yang sah di balik fenomena itu, tetapi masih ada banyak spekulasi tentang penyebab insiden tersebut.

Menurut Global Times, outlet media China, langit merah disebabkan oleh kondisi cuaca basah dan berkabut yang memantulkan cahaya merah dari kapal penangkap ikan.

Perahu nelayan di Zhoushan sering menggunakan ratusan lampu LED berwarna merah di malam hari, untuk visibilitas.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.