Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Pasir Irak: 1.000 Orang Dilarikan ke RS, Langit Jadi Oranye

Kompas.com - 05/05/2022, 22:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BAGHDAD, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 warga Irak dilarikan ke rumah sakit karena penyakit pernapasan pada Kamis (5/5/2022) akibat badai pasir.

Ini adalah badai pasir yang ketujuh melanda Irak dalam sebulan terakhir, kata media pemerintah dikutip dari AFP.

Penduduk di enam dari 18 provinsi Irak termasuk Baghdad dan Al Anbar di barat yang luas, kembali diterpa awan debu tebal yang menyelimuti langit.

Baca juga: Langit Berubah Menjadi Oranye di Irak Setelah Badai Debu Besar Menerjang Seluruh Negeri

Kepulan debu tebal sampai membuat langit berubah warna menjadi oranye. Penerbangan pun dihentikan di bandara Baghdad dan Najaf karena penglihatan buruk.

Otoritas di provinsi Al Anbar dan Kirkuk di utara ibu kota mendesak orang-orang untuk tetap di dalam rumah, kata kantor berita resmi INA.

Rumah sakit di provinsi Al Anbar telah menerima lebih dari 700 pasien dengan kesulitan bernapas, kata Anas Qais petugas kesehatan yang dikutip oleh INA.

Provinsi Salaheddin di Irak tengah melaporkan lebih dari 300 kasus, sedangkan provinsi Diwaniya dan provinsi Najaf di selatan Baghdad masing-masing mencatat sekitar 100 kasus.

Irak sangat rentan terhadap perubahan iklim, mengalami rekor curah hujan rendah dan suhu tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: Mheibes, Permainan Khas Ramadan di Irak

Para ahli mengatakan, faktor-faktor itu berisiko membawa bencana sosial dan ekonomi di negara yang dilanda perang tersebut.

Pada November 2021, Bank Dunia memperingatkan Irak dapat mengalami penurunan sumber daya air sebesar 20 persen tahun 2050 karena perubahan iklim.

Pada awal April 2022, seorang pejabat pemerintah memperingatkan Irak bisa menghadapi 272 hari badai pasir setahun dalam beberapa puluh tahun mendatang.

Kementerian Lingkungan Irak mengatakan, fenomena cuaca dapat diatasi dengan meningkatkan tutupan vegetasi dan menciptakan hutan yang bertindak sebagai penahan angin.

Baca juga: Badai Pasir Setinggi 100 Meter Melanda China

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com