Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roket dari Irak Hantam Pangkalan Koalisi AS di Suriah

Kompas.com - 22/04/2024, 09:29 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KHARAB AL JIR, KOMPAS.com - Roket dari Irak utara pada Minggu (21/4/2024) malam menghantam pangkalan militer koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) di Suriah.

Kantor berita AFP melaporkan, ini adalah serangan besar pertama terhadap pasukan koalisi dalam beberapa pekan terakhir.

Hal ini terjadi beberapa hari setelah Israel dilaporkan menanggapi serangan Iran dengan drone, di tengah ketegangan yang dipicu oleh perang Gaza.

Baca juga: Apa Sebenarnya Penyebab Ledakan Pangkalan Militer di Irak?

Rami Abdel Rahman, direktur pemantau perang yaitu Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan, beberapa roket ditembakkan dari wilayah Irak di pangkalan Kharab Al Jir di timur laut Suriah, tempat pasukan AS ditempatkan.

Serangkaian serangan roket dan drone oleh faksi bersenjata pro-Iran menyasar tentara AS yang dikerahkan di Timur Tengah selama musim dingin.

Keadaan sempat tenang selama beberapa minggu belakangan.

Adapun AS menempatkan sekitar 2.500 tentara di Irak dan hampir 900 tentara melintasi perbatasan di Suriah sebagai bagian koalisi internasional yang dibentuk pada 2014 untuk melawan kelompok ISIS.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com