Militer Amerika Serikat Nomor Satu di Dunia, Kenapa?

Kompas.com - 01/11/2021, 14:13 WIB

KOMPAS.com - Militer Amerika Serikat adalah nomor satu di dunia, menurut peringkat Global Firepower pada 2021. Kenapa bisa begitu?

Melansir National Interest (2021), militer Amerika Serikat nomor satu di dunia bukan karena ukuran pasukan, melainkan teknologi yang dimiliki paling kuat dan canggih.

Amerika Serikat secara berkala mengeluarkan 15 persen dari anggaran negara untuk keperluan militernya.

Baca juga: Survei Mayoritas Warga Amerika Tak Ingin Penempatan Militer AS Lagi di Luar Negeri, Kenapa?

Persentase itu setara sekitar 686 miliar dollar AS (Rp 9.769 triliun) setiap tahunnya untuk kebutuhan pengadaan senjata militer, seperti tank, kapal, jet, dan perlatan lainnya.

Nilainya pun bisa meningkat setiap tahun. Pada 2020, anggaran pengadaan senjata militer Amerika Serikat mencapai 750 miliar dollar AS (Rp 10.682 triliun). Sementara untuk tahun ini belum diketahui.

Militer Amerika Serikat nomor satu di dunia juga karena memiliki perhatian tinggi pada superioritas angkatan udara dan laut. Militer Amerika Serikat memiliki hampir 2.100 pesawat tempur, 967 helikopter serbu, lebih dari 900 transportasi udara, dan pesawat tujuan khusus.

Beberapa unit terkenal adalah pesawat perang B-2 Spirit Stealth Bomber, pesawat jet tempur A-10 Thunderbolt II, dan Apache Attack Helicopter.

Baca juga: Menilik Perbandingan Keberuntungan Militer AS dan Rusia

Pesawat tak berawak Amerika Serikat juga tidak bisa diabaikan, popularitasnya meningkat karena mampu mengalahkan Target Bernilai Tinggi.

Di Angkatan Laut, Amerika Serikat memiliki 11 kapal induk dan 91 kapal perusak. Dalam konflik global, kapal induk merupakan bagian penting dalam menjaga efektivitas tempur.

Sebelas kapal induk Amerika Serikat tersebut disebutkan masing-masing memiliki kapasitas yang besar, yaitu menampung 85 hingga 110 pesawat tempur.

Selain itu, militer Amerika Serikat nomor satu karena cepat dalam mengembangkan dan merilis teknologi senjata baru, seperti sistem pertahanan anti-rudal jarak menengah David's Sling maupun baju "Iron Man" dalam proyek TALOS (Tactical Assault Light Operator Suit) .

Militer Amerika Serikat itu juga memiliki keunggulan dalam membuat taktik perang. Disebutkan contohnya adalah kemampuannya dalam melenyapkan Osama Bin Laden yang dianggap sebagai ancaman keamanan nasional Amerika Serikat.

Baca juga: Mengenal US Space Force, Dinas Militer AS Khusus untuk Misi Luar Angkasa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.