Kompas.com - 22/10/2021, 07:31 WIB
Piramida Giza Nada HabashyPiramida Giza

LONDON, KOMPAS.com – Israel mempertimbangkan pembangunan pipa gas baru ke Mesir untuk meningkatkan ekspor gas alam ke tetangganya tersebut dengan cepat.

Kementerian Energi Israel mengatakan, pertimbangan tersebut sedang dilakukan mengingat pasokan gas alam global saat ini mengalami pengetatan.

Melansir Reuters, Kamis (21/20/2021), pipa gas baru tersebut rencananya akan dibuat di atas tanah dan akan memperkuat jaringan pipa gas alam Israel dan Mesir melalui utara Semenanjung Sinai.

Baca juga: Kelangkaan Energi di Eropa, Jutaan Orang Terancam Tidak Mampu Bayar Biaya Gas dan Listrik

Pipa tersebut diperkirakan menelan biaya sekitar 200 juta dollar AS (Rp 2,8 triliun) dan dapat beroperasi dalam 24 bulan.

Bila pembangunan pipa baru tersebut benar-benar terealisasikan, ditambah dilaksanakannya rencana membangun pipa bawah laut kedua ke Mesir dalam beberapa tahun ke depan, posisi Israel akan semakin kuat sebagai pusat energi utama di Mediterania timur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak Januari 2020, Israel menjadi pemasok utama gas alam ke Mesir setelah memulai produksi dari ladang gas lepas pantai di Tamar dan Leviathan.

Sekitar 5 miliar meter kubik gas per tahun didistribusikan melalui pipa bawah laut yang menghubungkan Israel dan Semenanjung Sinai Mesir.

Baca juga: ISIS Kembali Menyerang, Ledakkan Pipa Gas Bumi Suriah

Dengan adanya pipa baru, akan meningkatkan pasokan gas alam ke Mesir dengan tambahan 3 sampai 5 miliar meter kubik gas per tahun.

“Israel dan Mesir mengadakan pembicaraan tentang kemungkinan kerja sama dalam penyediaan gas alam,” kata Kementerian Energi Israel kepada Reuters.

“Salah satu opsi yang sedang dipelajari, menyusul permintaan Mesir untuk pasokan gas alam lebih lanjut, adalah pipa gas di darat,” sambung Kementerian Energi Israel.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.