Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelangkaan Energi di Eropa, Jutaan Orang Terancam Tidak Mampu Bayar Biaya Gas dan Listrik

Kompas.com - 04/10/2021, 03:10 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Jutaan orang di seluruh Eropa terancam tidak mampu membayar biaya gas dan listrik karena terjadi kelangkaan energi dan harganya melonjak.

Para ahli, organisasi anti-kemiskinan, dan juru kampanye lingkungan memperingatkan bahwa pandemi Covid-19 dan kenaikan harga energi akan mendorong meningkatnya masalah kemiskinan di Eropa.

Sebab, akan terjadi kombinasi biaya energi yang tinggi, pendapatan rumah tangga yang rendah, dan rumah yang tidak hemat energi, seperti dilansir CNN pada Jumat (1/10/2021).

Baca juga: China Krisis Energi, Jutaan Rumah Mati Listrik dan Bisa Berdampak ke Dunia

Penelitian terbaru yang dipimpin oleh Stefan Bouzarovski, profesor di Universitas Manchester dan ketua jaringan penelitian kelangkaan energi Engager, menemukan bahwa hingga 80 juta rumah tangga di seluruh Eropa sudah cukup kesulitan mendapatkan pasokan listrik dan gas.

Kesulitan dari jutaan rumah tangga Eropa itu sudah terjadi sebelum pandemi Covid-19.

Hanya empat negara Eropa, yaitu Perancis, Irlandia, Slovakia, dan Inggris, yang sebenarnya memiliki masalah resmi tentang kelangkaan energi, tetapi para ahli mengatakan bahwa masalahnya tersebar luas.

Sekarang, kenaikan harga energi menempatkan lebih banyak rumah tangga di Eropa dalam ancaman pemutusan jaringan listrik dan gas karena mereka tidak dapat membayar tagihan biayanya.

Banyak orang terancam pemutusan jaringan listrik dan gas karena pendapatan mereka turun dan tagihan meningkat selama pandemi Covid-19. Pekerja di sektor ritel, perhotelan, serta penerbangan sangat terpukul, dan banyak yang kehilangan pekerjaan.

"Sejak 2019 banyak yang telah berubah, tetapi lebih dari 12 juta rumah tangga (di Eropa) menunggak bayar tagihan listrik mereka," kata Louise Sunderland, penasihat senior dan analis kebijakan di Regulatory Assistance Project, yang berfokus pada transisi kebersihan energi.

Baca juga: China Dihantam Krisis Energi, Minta Rusia Tingkatkan Ekspor Listrik

Sebanyak 7 juta rumah tangga Eropa menerima pemberitahuan pemutusan energi setahun, menurut Koalisi Hak Energi, sebuah kelompok payung yang mencakup serikat pekerja, organisasi lingkungan, dan LSM.

Pandemi Covid-19 memperburuk masalah, kata Sunderland, karena banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah, meningkatkan konsumsi energi mereka.

Pada saat yang sama, harga energi di Eropa meningkat karena pemasok gas sedang mengalami kelangkaan energi, kesulitan untuk mengisi kembali stok yang terkuras oleh permintaan yang tinggi untuk pemanas musim dingin lalu, dan pendingin udara selama musim panas.

Kelangkaan energi untuk pasokan gas itu telah mendorong harga konsumen dan grosir melonjak ke tingkat rekor.

Gas alam berjangka untuk pengiriman Oktober 2021 naik lebih dari dua kali lipat selama tiga bulan terakhir, menurut data dari Dutch Title Transfer Facility, tempat perdagangan gas utama.

Data inflasi yang diterbitkan pada Kamis (30/9/2021) menunjukkan bahwa harga energi konsumen melonjak di Perancis dan Italia.

Baca juga: China Dilanda Krisis Energi, Listrik Warga Dijatah dan Pabrik Terpaksa Tutup

Halaman:
Sumber CNN

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com