Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Pertama Sejak Taliban Berkuasa di Afghanistan, Menlu Pakistan Kunjungi Kabul

Kompas.com - 22/10/2021, 05:32 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Penulis

Sumber Reuters

KABUL, KOMPAS.com – Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi untuk kali pertama mengunjungi Afghanistan setelah Taliban mengambil alih Kabul pada Agustus.

Qureshi melakukan kunjungan di Kabul pada Kamis (21/10/2021) sebagaimana dilansir Reuters.

Berbicara di luar istana kepresidenan Afghanistan setelah pertemuan itu, Qureshi mengatakan bahwa kedua pihak mengadakan pembicaraan tentang pergerakan dan perdagangan lintas batas.

Baca juga: Taliban Dapat Dukungan 10 Negara, Desak AS dan Sekutu Bayar Bantuan Bangun Afghanistan

Dia menambahkan, delegasi Taliban juga akan mengunjungi Islamabad dalam beberapa hari mendatang untuk membahas beberapa isu.

Kunjungan itu dilakukan setelah masalah yang berlaurt-larut di perbatasan Chaman, salah satu titik transit perdagangan utama antara Afghanistan dan Pakistan.

Perbatasan tersebut telah ditutup selama lebih dari dua pekan dan menyebabkan masalah berat bagi sopir truk dan eksportir.

Penutupan perbatasan juga telah merugikan produsen buah Afghanistan di dekat kota Kandahar.

Baca juga: Dua Menteri Afghanistan Sempat Keliling London dengan Mobil Mahal Sebelum Negaranya Jatuh ke Taliban

Buah delima dan produk ekspor lainnya terpaksa membusuk karena truk tidak dapat melintasi perbatasan.

Selain itu, Pakistan International Airlines, satu-satunya maskapai penerbangan internasional yang telah beroperasi secara teratur di Kabul, pekan lalu menangguhkan penerbangannya.

Penangguhan tersebut diambil karena perusahaan mengeluhkan adanya gangguan dan pelecehan terhadap stafnya dari pejabat Taliban.

Baca juga: Taliban Izinkan Vaksinasi Polio di Afghanistan Setelah Bertahun-tahun Melarang

Berbicara setelah Qureshi, Menteri Luar Negeri Afghanistan Amir Khan Muttaqi menuturkan banyaknya kemajuan telah dibuat dalam isu-isu luar biasa.

Dalam kunjungannya, Qureshi didampingi oleh delegasi lain dari Pakistan termasuk kepala dinas intelijen ISI Faiz Hameed.

Sebelum pertemuan itu, Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan bahwa Qureshi akan fokus menggelar pembicaraan dengan Muttaqi dan para pemimpin Taliban lainnya.

Yang menjadi fokus dalam pembicaraan itu adalah mengenai cara dan sarana untuk memperdalam kerja sama di berbagai bidang.

Baca juga: Taliban Beri Sinyal Anak Perempuan Afghanistan Dapat Kembali ke Sekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com