Kompas.com - 19/10/2021, 20:43 WIB
Jumlah penderita polio di Afganistan sempat menurun setelah Taliban, saat berkuasa, mengizinkan pemberian vaksin polio. AFPJumlah penderita polio di Afganistan sempat menurun setelah Taliban, saat berkuasa, mengizinkan pemberian vaksin polio.

KABUL, KOMPAS.com - Pemerintah Taliban akhirnya setuju untuk mendukung kampanye vaksinasi polio dari rumah ke rumah, sehingga petugas kesehatan di Afghanistan bisa memulainya bulan depan.

“WHO dan UNICEF menyambut baik keputusan pemimpin Taliban yang mendukung dimulainya kembali vaksinasi polio dari rumah ke rumah di Afghanistan,” kata WHO dan UNICEF dalam sebuah pernyataan, pada Senin (18/10/2021).

Melansir Al Jazeera pada Selasa (19/10/2021), Afghanistan dan negara tetangga Pakistan adalah negara terakhir di dunia dengan polio endemik.

Baca juga: 4 Petugas Vaksin Polio di Afghanistan Ditembak Mati, Diduga Dilakukan Taliban

Penyakit polio ini sangat menular melalui limbah yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen pada anak-anak, dan tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat dicegah dengan vaksin.

Polio telah hampir dieliminasi secara global melalui upaya inokulasi selama beberapa dekade.

Di Afghanistan dan beberapa wilayah di Pakistan vaksinasi polio terhambat karena faktor ketidakamanan, medan yang tidak dapat diakses, pemindahan massal, dan kecurigaan adanya campur tangan pihak luar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Badan-badan PBB mencatat bahwa hanya satu kasus virus polio liar yang dilaporkan di Afghanistan sejak awal 2021, memberikan “kesempatan luar biasa untuk memberantas polio”.

“Memulai kembali vaksinasi polio sekarang sangat penting untuk mencegah kebangkitan polio yang signifikan di dalam negeri dan mengurangi risiko penularan lintas batas dan internasional,” kata mereka.

Baca juga: Taliban Beri Sinyal Anak Perempuan Afghanistan Dapat Kembali ke Sekolah

Vaksinasi polio pertama dalam lebih dari tiga tahun

Kampanye vaksinasi polio di Afghanistan akan dimulai pada 8 November, akan menjadi yang pertama dalam lebih dari 3 tahun.

Program vaksinasi polio tersebut akan ditujukan untuk semua anak di Afghanistan, termasuk lebih dari 3 juta di daerah terpencil yang sebelumnya tidak dapat diakses.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!


Video Pilihan

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.