Kompas.com - 02/09/2021, 09:00 WIB
Taliban melambai dari belakang truk pikap, di Kabul, Afghanistan, Senin, 30 Agustus 2021. AP PHOTO/KHWAJA TAWFIQ SEDIQITaliban melambai dari belakang truk pikap, di Kabul, Afghanistan, Senin, 30 Agustus 2021.

KABUL, KOMPAS.com - Reporters Without Borders (RSF) menemukan bahwa mayoritas jurnalis perempuan di Kabul tidak lagi bekerja karena kebijakan represif Taliban.

Dilansir The Hill, dalam sebuah survei oleh RSF, yang berkoordinasi dengan Pusat Perlindungan Jurnalis Wanita Afghanistan, menunjukkan ada 700 jurnalis wanita dan total 1.080 karyawan wanita di industri berita di negara itu pada tahun 2020.

Dari 1.080 karyawan media wanita, 510 bekerja untuk delapan kantor terbesar di Afghanistan pada tahun 2020.

Baca juga: Penyanyi Folk Afghanistan Ini Ditembak Mati oleh Taliban

Namun, saat ini hanya 76 perempuan pekerja media dari perusahaan-perusahaan itu, termasuk 39 jurnalis perempuan, yang masih bekerja.

Pengawas itu menyoroti kisah-kisah Taliban yang mendatangi kantor media dan menyuruh mereka untuk "menjauhkan perempuan dari udara".

Taliban disebut tidak membiarkan perempuan meliput acara media.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Penghormatan Taliban terhadap hak fundamental perempuan, termasuk jurnalis perempuan untuk bekerja dan menjalankan profesi mereka adalah isu utama,” kata Sekretaris Jenderal RSF Christophe Deloire.

“Wartawan perempuan harus dapat kembali bekerja tanpa dilecehkan sesegera mungkin, karena itu adalah hak paling dasar mereka, serta penting untuk mata pencarian mereka," tambahnya.

Baca juga: Masih Ada Warganya dan Sekutu Tertinggal, Inggris Negosiasi Lagi dengan Taliban

Deloire juga menyebut ketidakhadiran mereka dari lanskap media akan membungkam semua warga Afghanistan, terutama perempuan.

"Kami mendesak kepemimpinan Taliban untuk memberikan jaminan segera untuk kebebasan dan keselamatan jurnalis perempuan," ujarnya.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber The Hill
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.