Etiopia Umumkan Gencatan Senjata Sepihak di Tigray

Kompas.com - 29/06/2021, 07:01 WIB
Foto tak bertanggal yang dirilis Ethiopian News Agency pada 16 November 2020, menunjukkan militer Etiopia duduk di atas kendaraan lapis baja dengan bendera nasional mereka, dekat perbatasan dengan Tigray dan Amhara. ETHIOPIAN NEWS AGENCY via APFoto tak bertanggal yang dirilis Ethiopian News Agency pada 16 November 2020, menunjukkan militer Etiopia duduk di atas kendaraan lapis baja dengan bendera nasional mereka, dekat perbatasan dengan Tigray dan Amhara.

MEKELE, KOMPAS.com - Pemerintah federal Etiopia pada Senin (28/6/2021) mengumumkan gencatan senjata sepihak di wilayah Tigray yang dilanda perang.

Perintah dari Perdana Menteri Etiopia Abiy Ahmed ini menandakan titik balik dalam konflik hampir delapan bulan di Tigray, yang menurut PBB telah membuat 350.000 orang di ambang kelaparan.

Pengumuman gencatan senjata datang ketika para pemberontak, yang telah mencap diri mereka sebagai Pasukan Pertahanan Tigray (TDF), menuju ke Mekele.

Baca juga: Serangan Udara Etiopia di Pasar Tigray: 64 Orang Tewas, 180 Luka-luka

"Gencatan senjata sepihak tanpa syarat telah diumumkan mulai hari ini, 28 Juni," bunyi pernyataan yang diterbitkan Senin malam oleh media pemerintah, dikutip dari AFP.

Belum ada reaksi langsung dari TDF terhadap deklarasi gencatan senjata pemerintah federal.

Seorang pejabat pemerintah sementara pada Senin berkata AFP, para milisi TDF sudah memasuki Mekele.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"TDF telah menguasai kota itu," kata si pejabat. "Mereka sudah masuk. Kota sedang merayakan. Semua orang di luar menari."

Pejabat itu juga mengatakan, pemerintah sementara yang ditunjuk Abiy untuk Tigray sebelumnya meninggalkan pos mereka di Mekele ketika milisi TDF mendekat di setiap sisi.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.