Biografi Tokoh Dunia: Alan Turing, Pemecah Kode Perang Dunia II dan Perintis Komputerisasi

Kompas.com - 29/06/2021, 05:00 WIB
Uang kertas baru Inggris seberat 50 pon dengan wajah pemecah kode Perang Dunia II Alan Turing di Daunt Books di London dikeluarkan pada 23 Juni 2021. AFP PHOTO/HOLLIE ADAMSUang kertas baru Inggris seberat 50 pon dengan wajah pemecah kode Perang Dunia II Alan Turing di Daunt Books di London dikeluarkan pada 23 Juni 2021.

KOMPAS.com - Dalam masa Perang Dunia II, Alan Turing merupakan orang yang bekerja di balik layar dalam salah pertempuran paling merusak dalam sejarah manusia.

Berkat jasa matematikawan Inggris yang brilian ini, sekutu Inggris berhasil membaca sandi Nazi selama Perang Dunia II.

Dalam makalahnya pada 1936, ia membuktikan bahwa tidak mungkin ada metode algoritmik universal untuk menentukan kebenaran dalam matematika.

Karyanya secara luas diakui sebagai penelitian dasar ilmu komputer dan kecerdasan buatan. Inilah yang membuatnya juga disebut sebagai bapak ilmu komputer.

Ironisnya, di samping jasa-jasa itu, Turing akhirnya dihukum secara pidana dan diperlakukan dengan kejam di bawah undang-undang homofobik Inggris.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Robert Schuman, Bapak Eropa dan Perintis Perdamaian yang Mendunia

Jenius matematika

Ilmuwan Inggris Alan Turing lahir dengan nama Alan Mathison Turing pada 23 Juni 1912, di Maida Vale, London, Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada usia muda, ia menunjukkan tanda-tanda kecerdasan tinggi. Hal ini diakui beberapa gurunya, meski tidak selalu dihargai.

Ketika Turing menghadiri Sekolah Sherborne independen yang terkenal pada usia 13 tahun, ia menjadi sangat tertarik pada matematika dan sains.

Setelah Sherborne, Turing mendaftar di King's College (University of Cambridge) di Cambridge, Inggris, belajar di sana dari 1931 hingga 1934.

Dalam hasil disertasinya, dia membuktikan teorema limit pusat. Turing kemudian terpilih sebagai pengajar di kampus tersebut setelah kelulusannya.

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.