Kompas.com - 24/06/2021, 13:48 WIB
Foto bertanggal 20 Maret 2020 ini memperlihatkan kapal perang Inggris HMS Defender di Portsmouth. Militer Rusia mengeklaim menembakkan tembakan peringatan dan jet tempurnya menjatuhkan bom untuk memaksa Defender keluar dari perairan dekat Crimea di Laut Hitam pada 23 Juni 2021. AP PHOTO/Ben MitchellFoto bertanggal 20 Maret 2020 ini memperlihatkan kapal perang Inggris HMS Defender di Portsmouth. Militer Rusia mengeklaim menembakkan tembakan peringatan dan jet tempurnya menjatuhkan bom untuk memaksa Defender keluar dari perairan dekat Crimea di Laut Hitam pada 23 Juni 2021.

LONDON, KOMPAS.com - Inggris membantah pernyataan dari militer Rusia bahwa kapal patroli dan jet tempur Rusia melepaskan tembakan peringatan ke kapal perang Angkatan Laut Inggris, saat berlayar melalui perairan dekat Krimea pada Rabu (23/6/2021).

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia menuduh kapal perusak Inggris HMS Defender, menyeberang ke perairan Rusia di Laut Hitam, dekat dengan semenanjung yang didudukinya pada Rabu pagi (24/6/2021).

Baca juga: Rusia Jatuhkan Bom dan Tembakan Peringatan ke Kapal Perang Inggris

Kremlin mengklaim setelah kapal Inggris mengabaikan panggilan untuk berbalik, sebuah kapal penjaga pantai Rusia melepaskan tembakan peringatan.

Sebuah jet Su-24m juga diklaim menjatuhkan empat bom di perairan di depan kapal perang Angkatan Laut Inggris.

Tetapi Kementerian Pertahanan Inggris telah membantah klaim bahwa ada tembakan peringatan yang ditembakkan.

Inggris malah menduga Rusia salah mengartikan insiden itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada tembakan yang diarahkan ke HMS Defender dan kami tidak mengakui klaim bahwa bom dijatuhkan di lintasannya," tulis kementerian itu di Twitter.

ABC News melaporkan, Kementerian Inggris mengaku mengetahui Rusia sedang melakukan latihan angkatan laut yang telah direncanakan sebelumnya di daerah yang sama pada saat itu.

Inggris menduga "tembakan peringatan" yang dikira ditembakkan Rusia mungkin merupakan bagian dari latihan tersebut.

Menteri Pertahanan Inggris Ben Wallace mengatakan HMS Defender telah melakukan "transit rutin" melalui koridor lalu lintas yang diakui secara internasional.

Halaman:

Sumber ABC News
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X