Buka Lagi Konsulat Yerusalem, Menlu AS Janjikan Bantuan untuk Gaza

Kompas.com - 26/05/2021, 08:52 WIB
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berdialog bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 25 Mei 2021 di ibu kota Otoritas Palestina Ramallah, Tepi Barat. AFP PHOTO/POOL/ALEX BRANDONMenteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken berdialog bersama Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada 25 Mei 2021 di ibu kota Otoritas Palestina Ramallah, Tepi Barat.

YERUSALEM, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyatakan, pihaknya akan membuka lagi konsulat di Yerusalem sembari menjanjikan bantuan bagi Gaza.

Pembukaan konsulat itu merupakan upaya Washington memulihkan hubungan dengan Palestina, yang begitu merenggang di era pemerintahan Presiden Donald Trump.

Dalam kunjungannya ke Timur Tengah, Blinken menuturkan sangat penting bagi AS untuk berhubungan dan memberi dukungan bagi Palestina.

Baca juga: Menlu AS Minta Pembangunan Gaza Tak Boleh Untungkan Hamas

Hanya saja seperti diwartakan Sky News Selasa (25/5/2021), Blinken tak menjabarkan kapan bakal membuka konsulat di Yerusalem.

Menlu AS yang membawa agenda memperkuat gencatan senjata Israel dan Hamas berkata, dia melihat "situasi menyedihkan" di Gaza.

Karena itu, AS akan menyiapkan dana ekstra 75 juta dollar AS (Rp 1 triliun) untuk pembangunan dan bantuan ekonomi bagi Palestina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian Washington bakal menyediakan 5,5 juta dollar AS (Rp 78,8 miliar) sebagai bantuan kedaruratan di Gaza.

Selain itu, "Negeri Uncle Sam" menggelontorkan 32 juta dollar AS (Rp 458,5 miliar) bagi badan PBB yang mengurusi Palestina (UNRWA).

Bantuan tersebut disiapkan setelah Israel dan Hamas mencapai kesepakatan untuk mengakhiri konflik selama 11 hari sebelumnya.

Baca juga: Pemilik Gedung Media Gaza: Tidak Ada Bukti Hamas di Menara Perkantoran yang Diserang Israel

Saling serang sejak 10 Mei, lebih dari 250 orang tewas dengan mayoritas korban berasal dari Gaza.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Sky News
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.