Menlu Negara-negara Arab Kutuk Keras Tindakan Israel terhadap Warga Palestina

Kompas.com - 12/05/2021, 13:52 WIB
Aparat kepolisian Israel menahan seorang pengunjuk rasa Palestina di dekat kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada  Senin (10/5/2021). XINHUA/JINIAparat kepolisian Israel menahan seorang pengunjuk rasa Palestina di dekat kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada Senin (10/5/2021).

KAIRO, KOMPAS.com – Para menteri luar negeri (menlu) negara-negara Arab pada Selasa (11/5/20201) mengutuk keras tindakan kriminal yang brutal dan sistematis oleh pasukan Israel di Kota Yerusalem yang diduduki.

Dalam pernyataan yang dirilis seusai pertemuan virtual, para menlu tersebut memperingatkan bahwa serangan dan tindakan kriminal tersebut merupakan bentuk provokasi yang nyata terhadap perasaan para pemeluk agama di mana pun.

Pernyataan tersebut menambahkan, kekerasan tersebut juga merupakan ancaman yang dapat memicu siklus kekerasan yang dapat mengancam keamanan dan stabilitas kawasan dan dunia.

Baca juga: Sejak Senin, Milisi Jalur Gaza Tembakkan 1.000 Roket ke Israel

Mereka juga mengecam Israel karena merusak kebebasan beribadah di situs suci umat Islam dan Kristen di Yerusalem sebagaimana dilansir Xinhua.

Para diplomat terkemuka negara-negara Arab tersebut mengecam keputusan dan prosedur Israel, sistem yudisial yang tidak adil, dan kampanye teroris yang diorganisasikan oleh para pemukim asal Israel dengan dukungan tentara dan polisi pendudukan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mereka menambahkan, semuanya bertujuan untuk mengusir orang-orang di Yerusalem yang diduduki, termasuk keluarga-keluarga di lingkungan permukiman Sheikh Jarrah.

Mereka menggambarkan langkah tersebut sebagai bagian dari kampanye pembersihan etnik yang bertujuan untuk melanggengkan rezim apartheid, yang disponsori oleh pemerintah pendudukan Israel.

Baca juga: Lagi, Tentara Israel Bunuh Warga Palestina di Tepi Barat

Para menteri tersebut menegaskan niat negara-negara Arab untuk mengambil langkah dan tindakan yang diperlukan pada semua level.

Langkah-langkah yang dimaksud mencakup meluncurkan langkah diplomatik yang intens guna melindungi Kota Yerusalem, mempertahankan situs suci umat Islam dan Kristen di kota itu, dan mendukung hak politik, sosial, ekonomi, dan hak asasi warganya.

Mereka juga mengutuk agresi yang meluas oleh pendudukan Israel terhadap warga Palestina, khususnya pengeboman brutal yang sengaja menargetkan kalangan sipil di Jalur Gaza.

Halaman:

Sumber Xinhua
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X