Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Balasan, Hamas Luncurkan 130 Rudal ke Tel Aviv

Kompas.com - 12/05/2021, 13:25 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

TEL AVIV, KOMPAS.com - Militan Palestina melontarkan 130 rudal ke Tel Aviv, setelah serangan udara Israel menghancurkan sebuah blok menara di Jalur Gaza.

Terdapat 13 bangunan bertingkat yang diserang dalam waktu 1,5 jam, setelah penghuni dan masyarakat lokal diperingatkan untuk mengungsi, menurut laporan Reuters.

Melansir BBC pada Rabu (12/5/2021), Hamas mengatakan pihaknya telah meluncurkan roket ke Tel Aviv dan pinggiran kota Israel sebagai balasan yang telah "menargetkan musuh ke menara permukiman".

Baca juga: Warga Palestina dan Polisi Israel Bentrok di Masjid Al-Aqsa, Hamas Serukan Demonstrasi

Rekaman video dari Tel Aviv menunjukkan roket melesat di langit malam, beberapa meledak saat dihantam oleh rudal Israel untuk menghadang.

Para pejalan kaki yang terkejut segera mencari perlindungan dan para pengunjung restoran membaur keluar.

Bandara Ben Gurion menghentikan sebentar penerbangan dan jaringan pipa energi antara kota Eilat dan Ashkelon karena mendapatkan dampak kerusakan.

Roket Hamas tersebut diluncurkan setelah Israel menghancurkan Menara Hanadi di Gaza, yang merupakan kantor pimpinan politik Hamas, pada Senin (10/5/2021).

Baca juga: Israel Hancurkan Rumah Kepala Penjaga Masjid Al-Aqsa, Hamas Mengamuk

Beberapa jam setelah runtuh, masih belum ada laporan korban jiwa secara rinci.

Ada laporan bahwa gedung bertingkat kedua di Jalur Gaza juga dihancurkan oleh Israel, setelah muncul peringatan untuk mengungsi.

Dalam serangan rudal Hamas disebutkan seorang wanita berusia 50 tahun menjadi salah satu korban tewas di Rishon LeZion, dekat Tel Aviv, Israel.

Ada juga serangan di pinggiran Tel Aviv, Holon, sebuah rudal mengantam bus tidak berpenumpang, menurut juru bicara polisi Israel, Mickey Rosenfeld kepada AFP.

Seorang gadis 5 tahun serta 2 wanita yang masing-masing berusia 50 dan 30 tahun, menjadi korban luka dalam serangan balasan Hamas.

Baca juga: Jelang Idul Fitri, Jalur Gaza Dibombardir Israel, 26 Orang Tewas

Sebelumnya pada Selasa (11/5/2021), 2 wanita, satu berusia 60-an dan yang lainnya berusia 80-an, tewas dalam serangan roket di kota Ashkelon di Israel selatan, dengan satu orang lainnya terluka parah, kata petugas medis.

Hamas mengatakan pihaknya telah menembakkan 137 roket ke Ashkelon dan Ashdod di dekatnya dalam waktu lima menit, dan memperingatkan pihaknya telah menyiapkan "banyak kejutan", jika pertempuran berlanjut.

Sedikitnya 95 orang menerima perawatan di rumah sakit Israel sebagai akibat dari serangan roket Hamas tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com