Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sorak-sorai Warga Israel di Depan Kobaran Api di Kompleks Masjid Al-Aqsa

Kompas.com - 12/05/2021, 10:01 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

YERUSALEM, KOMPAS.com - Sebuah video yang beredar menunjukkan ribuan orang Yahudi Israel bernyanyi dan menari di depan Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem yang terbakar pada Senin malam waktu setempat (10/5/2021).

Melansir Times of Israel pada Selasa (11/5/2021), ratusan pengunjuk rasa Palestina bentrok dengan pasukan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa, setelah beberapa hari kekacauan terjadi di Yerusalem.

Baca juga: PBB Tanggapi Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al-Aqsa

Polisi mengatakan akibat bentrokan itu pohon di dekat Masjid Al-Aqsa terbakar, dan menurutnya itu terjadi karena obor yang dilemparkan oleh warga Palestina kepada petugas polisi selama bentrokan berlangsung.

Polisi secara singkat menangkapi sekitar 9.000 orang Palestina di alun-alun Tembok Barat, menurut laporan media Ibrani.

Baca juga: Kronologi Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al-Aqsa, Terparah sejak 2017

MK Ayman Odeh, yang memimpin aliansi Joint List yang didominasi Arab di Knesset mengunggah video perayaan orang Israel di depan Tembok Barat yang terbakar di Twitter dengan caption "mengejutkan".

Para selebran Yahudi Israel berada di Tembok Barat, yang merupakan salah satu dinding pendukung kompleks Masjid Al-Aqsa untuk menandai Hari Yerusalem, di mana terjadi penyatuan kembali kota Israel selama Perang 6 Hari pada 1967.

Baca juga: Serangan Udara Israel ke Jalur Gaza Menyusul Bentrokan di Masjid Al-Aqsa


Hari Yerusalem adalah perayaan dengan Pawai Bendera yang kontroversial, di mana ribuan orang Israel, sebagian besar pemuda, berparade melalui Kota Tua ke Tembok Barat dengan membawa bendera Israel.

Pawai tahun ini dialihkan pada Senin (10/5/2021), untuk menghindari Muslim Quarter Kota Tua, dan kemudian ditangguhkan oleh polisi, ketika Hamas menembakkan rentetan roket dari Gaza ke daerah Yerusalem.

Baca juga: Kompleks Al-Aqsa, Situs Suci Yerusalem yang Terus Bergejolak

Masjid Al-Aqsa yang diperebutkan adalah situs tersuci dalam Yudaisme, dihormati sebagai lokasi dari dua Kuil alkitabiah. Namun, juga merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam. Tembok Barat adalah sisa-sisa dari Kuil Kedua.

Beberapa hari terakhir telah terjadi bentrokan polisi dengan pengunjuk rasa Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa, tempat puluhan ribu jamaah Muslim berkumpul setiap hari karena bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Serangan Udara Israel ke Jalur Gaza Menyusul Bentrokan di Masjid Al-Aqsa

Ketegangan memuncak pada Senin (10/5/2021), dengan lebih dari 300 orang terluka dalam bentrokan dengan polisi di lokasi tersebut dan kelompok teror Gaza menembakkan puluhan roket ke Israel selatan dan di Yerusalem.

Serangan roket di Israel berlanjut hingga malam, dan terus hingga Selasa.

Baca juga: Ini Penyebab Bentrok Israel dan Palestina di Masjid Al-Aqsa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com