Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Secret Service Anak-anak Trump Usai Akhir Jabatan Rp 2 Miliar per Bulan, Ditanggung Pajak Negara

Kompas.com - 10/05/2021, 03:07 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Anak-anak Donald Trump mendapatakan perpanjangan perlindungan Secret Service dengan biaya 140.000 dollar AS (sekitar Rp 2 miliar) yang ditanggung oleh pajak negara dalam sebulan, meski telah berakhir masa jabatannya.

Biasanya anggota keluarga presiden AS akan kehilangan fasilitas keamanan ketika telah habis masa pemerintahannya.

Namun untuk 4 anak Trump yang sudah dewasa dan 2 pasangan mereka, mendapatkan perpanjangan fasilitas perlindungan pasca kepresidenan selama 6 bulan, sesuai arahan Trump, seperti yang dilansir dari The Guardian pada Sabtu (8/5/2021).

Baca juga: Twitter Tangguhkan Akun yang Bagikan Unggahan dari Situs Donald Trump

Menurut kelompok pengawas Citizens for Ethics, biaya layanan keamanan itu tidak termasuk perlindungan untuk properti Trump di New Jersey, Palm Beach, dan Briarcliff, New York. Biaya mungkin jauh lebih tinggi, jika itu ikut dihitung.

Menurut catatan pengawas mengungkapkan bahwa anak-anak Trump tetap mempertahankan "kebiasaan berpergian, mengumpulkan tagihan hotel dan transportasi yang signifikan untuk Secret Service".

Biaya transportasi saja berjumlah 52.296 dollar AS (Rp 747,4 juta) dan biaya hotel berjumlah setidaknya 88.678 dollar AS (Rp 1,3 miliar).

Baca juga: Donald Trump Lebih Suka Kim Jong Un daripada Presiden Korea Selatan

Jika jadwal berpergian itu dipertahankan, kelompok tersebut memperkirakan, biaya perlindungan pasca-kepresidenan bisa mencapai hampir 1 juta dollar AS (Rp 14,3 miliar).

Kelompok tersebut sebelumnya telah menghitung bahwa keluarga Trump melakukan perjalanan 12 kali lebih banyak dalam 3 tahun dari pada yang dilakukan Obama dalam 7 tahun.

Trump bukanlah satu-satunya mantan presiden AS yang meminta perpanjangan perlindungan dari Secret Service. Beberapa pendahulunya juga melakukan hal yang sama, seperti Bill Clinton, Barack Obama, dan George W Bush.

Baca juga: Bahkan, Suara Donald Trump pun Diblokir di Facebook

Menurut laporan The Washington Post bahwa arahan Trump pada Januari ternyata perlindungan Secret Service juga diperluas untuk mantan menteri keuangan Steven Mnuchin, mantan kepala staf Mark Meadows dan mantan penasihat keamanan nasional Robert O'Brien.

Di bawah hukum federal, Trump dan istrinya, Melania berhak atas perlindungan seumur hidup mereka. Putra remaja mereka, Barron, menerimanya sampai dia berusia 16 tahun.

Sementara itu, pengawas Citizens for Ethics menemukan laporan yang menunjukkan bahwa Jared Kushner dan Ivanka Trump setelah pekerjaan mereka selesai di Gedung Putih, mereka pergi ke liburan 10 hari di Utah, menghabiskan biaya hotel sebesar 62.599 dollar AS (Rp 894,7 juta).

Setelah sebulan di Miami, mereka tinggal di properti golf Trump's Bedminster selama 3 hari pada akhir Februari.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Donald Trump Tidak Ingin Siapa Pun Tahu Catatan Akademisnya

Eric dan Lara Trump menghabiskan sebagian besar Februari di properti Trump's Briarcliff, diselingi dengan perjalanan ke New York, Miami, dan Palm Beach, dengan biaya 12.742 dollar AS (Rp 182,1 juta).

Donald Trump Jr juga menghabiskan waktu di New York City, di Long Island, dan di bagian utara New York, mengumpulkan tagihan sebesar 13.337 dollar AS (Rp 190,6 juta).

Namun, Citizens for Ethics mengatakan Secret Service tidak memberikan catatan pengeluaran untuk bisnis Trump.

"Meski mungkin tergoda untuk menceritakan kisah keluarga Trump yang mengambil untung di masa lalu, kami tidak bisa sampai mereka benar-benar berhenti mengarahkan uang pembayar pajak ke rekening bank mereka sendiri," kata kelompok itu.

Baca juga: Sering Dipukul Pengunjung, Patung Lilin Donald Trump Diturunkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com