Pejabat Italia Ditangkap Basah Bocorkan Dokumen Rahasia Militer ke Rusia

Kompas.com - 01/04/2021, 06:11 WIB
Ilustrasi. ThinkstockIlustrasi.

ROMA, KOMPAS.com - Pejabat Angkatan Laut Italia diamankan polisi setelah tertangkap basah sedang memberikan dokumen rahasia kepada seorang pejabat militer Rusia.

Sejumlah orang diberhentikan oleh polisi militer karena dicurigai melakukan kejahatan serius yang berkaitan dengan spionase dan keamanan negara.

Orang Rusia, yang dilaporkan bekerja di kedutaan Rusia di Italia, diperkirakan akan dikeluarkan, seperti yang dilansir dari BBC pada Rabu (31/3/2021). 

Baca juga: 7 Tahun Setelah Dimulainya Agresi Militer Rusia terhadap Ukraina

Kementerian Luar Negeri di Roma memanggil duta besar Rusia Sergey Razov dan kemudian mengusir 2 pejabat Rusia.

Menteri Luar Negeri Italia Luigi Di Maio mengatakan pasangan itu "terlibat dalam urusan yang sangat serius".

Pejabat Italia itu diidentifikasi sebagai kapten fregat angkatan laut yang bekerja di kantor Kepala Staf Pertahanan.

Kremlin mengatakan pihaknya berharap hubungan Rusia-Italia "yang sangat positif dan konstruktif akan berlanjut", tetapi Kementerian Luar Negeri Rusia diharapkan menanggapi pengusiran itu.

Baca juga: Jet Tempur Inggris Cegat 2 Pesawat Militer Rusia di Laut Utara

Apa yang terjadi di Roma?

Kelompok operasi khusus carabinieri del Ros menyerbu orang-orang itu di Roma pada Selasa malam waktu setempat (30/3/2021), "selama pertemuan rahasia antara keduanya," kata pernyataan polisi.

Mereka "ditangkap segera setelah transfer dokumen rahasia oleh pejabat Italia dengan imbalan sejumlah uang", tambahnya.

Media Italia melaporkan bahwa pertukaran itu terjadi di tempat parkir mobil dengan transaksi uang tunai sebesar 5.000 euro (Rp 85,2 juta).

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X