Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Pemuda Perancis Dipuji Bak Pahlawan, Selamatkan Sebuah Keluarga dalam Kebakaran

Kompas.com - 31/03/2021, 23:13 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

PARIS, KOMPAS.com - Kelompok pemuda di kota Nantes, Perancis dipuji seperti pahlawan karena kompak menyelamatkan sebuah keluarga dari kebakaran gedung apartemen.

Rekaman dramatis menunjukkan mereka memanjat sisi gedung dan membantu orang tua keluar dari flat di lantai tiga pada Minggu sore waktu setempat (28/3/2021).

Sejumlah kasur diletakan di bawah gedung dan bayi perempuan dari pasangan itu yang berusia 6 bulan dilempar ke sana dengan aman, seperti yang dilansir dari BBC pada Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Pagar Kawat Berduri Jebak Pengungsi Rohingya dalam Kebakaran Hebat, 7 Orang Tewas

Dia dibawa ke rumah sakit dalam kondisi kritis, tetapi dikatakan mulai pulih.

Salah satu pemuda yang terlibat dalam penyelamatan, Tahmid, mengatakan kepada situs web Ouest-Perancis bahwa keputusan untuk melempar bayi dari balkon adalah "solusi terakhir yang mungkin" saat asap mengepul dari gedung di distrik Bottière di Nantes.

Api juga menyebar ke flat lain di dalam gedung dan petugas pemadam kebakaran menyelamatkan beberapa orang lainnya.

Baca juga: Sedikitnya Lima Anak Tewas dalam Kebakaran Besar di Kamp Pengungsi Rohingya Bangladesh

Kenza Zekkar, pemimpin wanita dari kelompok pemuda setempat, Bien-être et solidarité Pays de la Loire, mengatakan kepada BBC bahwa dia telah mengatur penyelamatan keluarga, sementara penduduk setempat menunggu petugas pemadam kebakaran tiba.

Ia mengatakan, suaminya termasuk di antara para pemuda yang naik ke luar gedung untuk membantu menyelamatkan orang tua, katanya.

Baca juga: Kebakaran Hutan, Warga Perth Bingung Antara Keluar Rumah atau Jalankan Lockdown

Sementara itu, organisasi tersebut sekarang sedang berusaha meminta untuk diberi surat resmi kewarganegaraan dan perumahan, untuk 3 orang dari mereka yang terlibat dalam penyelamatan, yang semuanya adalah migran.

Sebuah petisi online yang ditujukan kepada Presiden Perancis Emmanuel Macron juga telah diluncurkan, menyerukan "penghormatan dan pengakuan bagi para pahlawan Bottière".

Baca juga: Lagi, Kebakaran Rumah Sakit Tewaskan 4 Pasien Covid-19 di Romania

Kisah kelompok pemuda tersebut mengingatkan tentang seorang migran Mali yang dipuji secara luas karena memanjat bagian luar sebuah gedung untuk menyelamatkan seorang bocah lelaki yang tergantung dari balkon lantai 4 di Paris pada 2018.

Mamoudou Gassama kemudian diangkat menjadi warga negara Perancis dan diberikan medali keberanian oleh presiden.

Baca juga: Tempat Produksi Vaksin Covid-19 Terbesar di India Alami Kebakaran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com