Sedikitnya Lima Anak Tewas dalam Kebakaran Besar di Kamp Pengungsi Rohingya Bangladesh

Kompas.com - 23/03/2021, 14:23 WIB
Asap mengepul setelah kebakaran di kamp pengungsi Rohingya di Balukhali, Bangladesh selatan, Senin, 22 Maret 2021. AP PHOTO/SHAFIQUR RAHMANAsap mengepul setelah kebakaran di kamp pengungsi Rohingya di Balukhali, Bangladesh selatan, Senin, 22 Maret 2021.

DHAKA, KOMPAS.com - Kebakaran besar menyapu kamp pengungsi Rohingya yang luas di Cox's Bazar, Bangladesh, pada Senin (22/3/2021).

“Insiden ini menewaskan sedikitnya lima orang, menghancurkan rumah dan membahayakan nyawa puluhan ribu pengungsi,” kata pejabat kamp.

Pada Selasa (23/3/2021), Rashedul Islam, seorang pejabat yang bertanggung jawab atas kamp pengungsi Kutupalong melaporkan, api menghancurkan setidaknya 3.000 tempat perlindungan saat menyambar kamp pengungsian.

"Saya tidak tahu berapa persisnya anak (yang meninggal), tapi (korban tewas), termasuk anak-anak, ada lima," ujarnya.

Saat ini pihaknya mencoba mengidentifikasi berapa banyak orang yang telah mendapat tempat perlindungan lain.

Dinas pemadam kebakaran, Komisioner Bantuan dan Pemulangan Pengungsi Bangladesh, serta tim penyelamat, tetap berada di lokasi pada Senin malam.

Mereka terus berusaha mengendalikan api dan mencegah penyebarannya lebih lanjut menurut badan pengungsi PBB UNHCR pada Senin sore waktu setempat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lebih dari 150 Pengungsi Etnis Minoritas Rohingya di India Akan Dideportasi

António Vitorino, Direktur Jenderal Organisasi Migrasi Internasional (IOM) PBB, mengatakan puluhan ribu pengungsi Rohingya terpengaruh atas insiden ini.

"Saya sangat prihatin dengan dampak kebakaran yang mengerikan hari ini di Cox's Bazar, Bangladesh," kata Vitorino melansir CNN.

Menurutnya, tim dan mitra IOM bekerja sama untuk menanggapi krisis dan memastikan keselamatan dan kesejahteraan semua.

Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X