Kompas.com - 21/02/2021, 10:38 WIB
Perawat Israel menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan di Barzilai Madical Center di kota Ashkelon, pada Minggu (20/12/2020). AP PHOTO/TSAFRIR ABAYOVPerawat Israel menyiapkan vaksin Covid-19 untuk disuntikkan di Barzilai Madical Center di kota Ashkelon, pada Minggu (20/12/2020).

TEL AVIV, KOMPAS.com - Israel melonggarkan aturan kuncian dan batasan di tengah pandemi Covid-19 setelah vaksin Pfizer terbukti efektif 98.9 persen dalam mencegah pasien dirawat di RS dan mengurangi angka kematian.

Mulai Minggu (21/2/2021), toko-toko dan perpustakaan sudah bisa dibuka namun aturan jaga jarak dan pemakaian masker masih diwajibkan.

Kementerian Kesehatan Israel mengatakan bahwa tindakan itu adalah tahap awal dari kembali pada rutinitas normal.

Baca juga: Bar di Israel Tawarkan Vaksinasi Covid-19 dengan Bonus Gratis Minuman

Sejauh ini, Israel diketahui sebagai negara yang mengampanyekan vaksin Covid-19 secara holistik dan cepat. Lebih dari 49 persen warga Israel telah menerima setidaknya 1 dosis pertama.

Israel sendiri telah menerapkan lockdown atau kuncian negara yang ketiga kali pada 27 Desember setelah kasus infeksi virus corona mulai meningkat lagi.

Selain pusat belanja, fasilitas publik lain juga dibuka seperti pusat kebugaran, hotel, dan sinagoge (tempat ibadah umat Yahudi).

Baca juga: Suntikan Pertama Vaksin Pfizer di Israel 85 Persen Efektif, Studi Jelaskan

"Paspor hijau"

Namun, longgarnya aturan kini bukan berarti warga Israel bebas berkeliaran tanpa paspor hijau. Paspor tersebut menunjukkan bahwa seseorang sudah divaksinasi.

Paspor tersebut didapatkan dalam aplikasi yang dikeluarkan Kemenkes Israel dan akan berlaku selama 6 bulan, 1 minggu setelah dosis kedua.

Selain berolahraga di tempat publik, konser juga diperbolehkan dengan kapasitas 75 persen, tidak lebih dari 300 orang di dalam dan 500 orang di luar ruangan.

Sementara itu, meski aturan sudah mulai longgar, bandara Israel akan tetap ditutup selama 2 pekan lagi.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Pertama Gaza Akhirnya Sampai Setelah Sempat Diblokir Israel

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X